KSB Kembali Gelontorkan Dana untuk Dermaga Lalar

Tambak tiang penyanggah dermaga Labuhan Lalar yang patah akibat terhantam ombak dan tanah yang direklamasi sebagai penyanggah terbawa arus.(Suara NTB/ils)

Taliwang (Suara NTB) – Pemkab Sumbawa Barat, kembali menyiapkan anggaran untuk perbaikan dermaga Labuhan Lalar. Anggaran yang mencapai Rp10 miliar tersebut dihajatkan untuk memperbaiki sarana yang rusak termasuk penambahan fasilitas lainnya.

“Anggarannya sudah kita siapkan di APBD tahun 2022 dan kami berharap bisa dilaksanakan dengan baik agar dermaga ini bisa kembali digunakan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Abdul Hamid, S. Pd,. M. Pd, kepada Suara NTB, Kamis, 2 Desember 2021. Bahkan dirinya memastikan akan melakukan pengawasan maksimal supaya tidak menjadi masalah nantinya.

Iklan

Diakuinya, kerusakan dermaga pasca terhantam ombak setinggi dua meter mengakibatkan dermaga tersebut rusak parah. Parahnya lagi dermaga yang baru selesai diperbaiki belum sempat digunakan tetapi sudah rusak kembali. Maka dari itu, di pembangunannya nanti akan dilakukan secara ketat dengan harapan dermaga ini bisa kembali beroperasi. Jika dikerjakan asal-asalan dikhawatirkan dermaga ini akan kembali rusak dan tidak memberikan manfaat. “Kami akan melakukan pengawasan ketat dalam pengerjaannya, karena kami tidak ingin dermaga ini kembali mangkrak,” sebutnya.

Karena jika dermaga ini tidak bisa dibenahi sesuai standar keselamatan, dikhawatirkan dermaga tidak akan memberikan manfaat apapun bagi daerah. Untuk itu, dirinya berharap agar perbaikannya tidak asal-asalan. Sehingga asas manfaat dari keberadaannya bisa kembali dirasakan dan tidak lagi mangkrak seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan supaya pendapatan asli daerah bisa terus meningkat. ” Kami sangat berharap agar kerusakan yang terjadi bisa diperbaiki dengan baik. Jika tidak, dikhawatirkan dermaga ini kembali mangkrak dan tidak memberikan manfaat lagi bagi daerah,” pungkasnya. (ils)

Advertisement