KSB Hibahkan Kapal Patroli Pengawasan Laut

Taliwang (Suara NTB) – Pemda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam waktu dekat akan menghibahkan satu unit kapal cepat (speed boat) kepada Polres Sumbawa Barat. Pemberian hibah tersebut dilakukan untuk mengintensifkan pengawasan laut KSB. Kapal yang akan diberikan tersebut ditaksir seharga Rp 1,8 miliar.

Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin, ST kepada Suara NTB, Sabtu (23/7/2016) menyebutkan bahwa pemberian kapal tersebut dilakukan supaya monitoring dan pengawasan semakin intens. Mengingat sampai dengan sejauh ini masih ada saja oknum masyarakat yang menggunakan alat berbahaya dalam menangkap ikan. “Kita akan berikan kapal ini ke Polres, mudah mudahan hal tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik,” ungkapnya. Pemberian kapal ini merupakan salah satu bentuk preventif dalam meminimalisir terjadinya pengrusakan di laut. Tentunya pihaknya juga akan lebih menekankan pada sikap preemtif. Yakni melalui sosialisasi dan pemberian pemahaman kepada masyarakat.

Iklan

Diakuinya, sampai dengan saat ini masih ada saja oknum masyarakat nelayan yang menggunakan zat-zat berbahaya. Seperti menggunakan bom ikan dan potasium. Tentunya penggunaan zat tersebut sangat berbahaya bagi lingkungan. Dengan penggunaan bom misalnya, itu tidak hanya membunuh ikan saja akan tetapi semua biota laut. Termasuk juga terumbu karang yang ada di lokasi pengeboman tersebut. “Meskipun kaitannya dengan masalah urusan perut. Tetapi pengeboman ikan sangat tidak baik bagi lingkungan,” sebut Wabup.

Seraya berharap bahwa orang yang melakukan hal tersebut bukan warga KSB. Karena bagaimanapun masyarakat diberikan kebebasan untuk mencari ikan dari daerah manapun, dimanapun dan kapanpun. Asal jangan melakukan pencarian ikan dengan hal-hal yang tidak baik. Artinya dengan tidak menggunakan zat-zat berbahaya yang akan menghancurkan ekosistem yang ada. Oleh karenanya, perlu ada perhatian khusus dari DKP provinsi, Polda maupun pihak keamanan lainnya untuk terus melakukan pengawasan. (ils)

  Pemkot Anggarkan Rp 1 Miliar untuk Operasional BRT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here