KSB Dapat 2.000 Keping E-KTP

Taliwang (Suara NTB) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) hanya mendapat jatah 2.000 keping untuk penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Jumlah tersebut belum bisa mengakomodir seluruh masyarakat setempat yang masih belum memiliki KTP.

Kadis Dukcapil Sumbawa Barat, Drs. Alwi MM kepada wartawan, Senin (10/4) menyebutkan, pembatasan jumlah juga berlaku diseluruh Indonesia dan akan dilakukan secara bertahap. Pembatasan tersebut merupakan instruksi, sehingga masing-masing daerah tidak bisa menambah kuota untuk melengkapi jumlah masyarakat yang belum memiliki KTP.

Iklan

Selain jumlah kuota yang dibatasi, pengambilan terhadap KTP tersebut juga akan dilakukan sesuai jadwal. “Kita juga tidak bisa berbuat banyak karena itu merupakan kebijakan pusat,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, 2.000 keping tersebut merupakan masyarakat yang sudah mengirimkan data terlebih dahulu melalui mekanisme perekamanE- KTP. Sementara untuk penyaluran ke para penerima kartu ini diprediksi akan dilakukan dalam waktu dekat. Hal tersebut terjadi, mengingat ada mekanisme lain yang harus dilengkapi sebelum disalurkan ke masyarakat.

“Saat ini kita tengah melakukan proses dan melakukan pencetakan KTP ini,” imbuhnya. Pihaknya menargetkan dalam beberapa bulan sudah harus didistribusikan ke masyarakat sesuai dengan data yang tertera sebagai penerima E-KTP.

Jumlah masyarakat Sumbawa Barat yang sudah melakukan perekaman E-KTP saat ini sudah mencapai angka 96 persen. Sementara untuk sisanya yang belum melakukan perekaman, masih terus digenjot pihaknya untuk segera melakukan perekaman. (ils)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here