KSB Buat Program Kebun Hijau untuk Peternak

Taliwang (Suara NTB) – Dalam rangka memenuhi kebutuhan pakan sehat bagi ternak, Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (DPPP) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan membuat program kebun Hijauan Makanan Ternak (HMT).

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan DPPP KSB, Kusmirin mengatakan, program kebun HMT ini akan menjadi salah satu solusi bagi petenak untuk menjaga populasi dan ketersediaan pakan sepanjang tahunnya. “Harapan kita dengan program ini peternak sudah tidak kesulitan lagi mencari pakan terutama di waktu-waktu paceklik pakan,” katanya.

Iklan

Saat ini program kebun HMT itu  tengah disusun oleh bidang pertanian. Rencananya program tersebut akan diajukan pembiayaannya melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) tahun ini. “Kita sedang susun teknisnya. Mudah-mudahan cepat selesai sehingga kita bisa ajukan di anggaran perubahan,” ungkap Kusmirin.

Pada tahap awal program ini akan membuat tiga kebun HMT. Kusmirin menjelaskan, tiga kebun itu diproyeksi untuk mengakomodir seluruh wilayah kecamatan yang ada. Di mana untuk titik kebun HMT 1 disiapkan melayani kecamatan Poto Tano dan Seteluk, titik kedua melayani kecamatan Taliwang, Brang Rea dan Brang Ene, dan titik terakhir untuk kecamatan Jereweh, Maluk dan Sekongkang.

Bentuk bantuan program kebun HMT ini, oleh DPPP KSB akan menyiapkan pembiayaan proses tanam, bibit dan obat-obatan. Sementara bagi kelompok peternak yang dipercaya mengelolanya diwajibkan menyediakan lahan sekitar 5 hekar untuk lokasi penanaman beragam jenis pakan yang cocok bagi ternak, khususnya Sapi.

“Nanti biayanya kita yang siapkan, peternak hanya menyediakan lahannya saja,” terang Kusmirin.

Adapun jenis pakan yang disediakan, Kusmirin menyebutkan, pihaknya akan menyiapkan bibit yang memenuhi krieria pakan sehat bagi ternak Sapi.  Kebutuhan pakan ternak sehat masih sangat minim di KSB. Para peternak selama ini masih banyak mengandalkan mencari pakan secara tradisional tanpa ada upaya membudidayakannya sendiri. (bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here