KSB Belum Putuskan Perpanjang Libur Sekolah

H. Musyafirin (Suara NTB/dok)

Taliwang (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) hingga kini belum memutuskan apakah akan memperpanjang atau tidak masa libur sekolah dalam rangka antisipasi pencegahan Coronavirus Disease (Covid-19) di daerah.

Bupati KSB, H. W. Musyafirin menjelaskan, sementara ini kebijakan meliburkan anak sekolah mulai tingkat TK, SD hingga SMP masih tetap hingga tanggal 4 April mendatang. “Masa libur dua minggu pertama kan belum selesai. Jadi sampai hari ini liburnya sampai itu dulu,” katanya kepada Suara NTB, Rabu, 1 April 2020.

Iklan

Menurut bupati, keputusan akan melanjutkan libur sekolah atau tidak baru akan dirapatkan pada akhir pekan ini. Dan sebelum membuat keputusan, pemerintah tentu akan mempertimbangkan berbagai hal. Mulai dari perkembangan kegiatan pencegahan virus corona itu sendiri, termasuk hasil evaluasi atas kebijakan meliburkan yang sudah dilaksanakan dalam 2 minggu terakhir.

“Kita juga akan meminta pendapat sekolah sembari tentu yang paling penting melihat bagaimana potensi kemungkinan merebaknya virus corona itu di daerah kita ke depannya serta upaya pencegahan yang telah kita laksanakan sejauh ini,” beber bupati.

Sebelumnya, KSB menjadi kabupaten terakhir di NTB yang meliburkan sekolahnya dalam rangka antisipasi dan pencegahan virus corona. KSB baru memulainya pada tanggal 23 Maret lalu, atau sepekan setelah Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengeluarkan maklumat yang langsung diikuti 9 kabupaten/kota lainnya.

Saat itu Pemda KSB tetap bertahan tidak mengikuti arahan gubernur, karena sejumlah pertimbangan. Salah satunya kala itu wilayah KSB dianggap masih aman dari ancaman virus penyakit asal Wuhan, Tiongkok tersebut. Namun sepekan berikutnya, Pemda KSB menyerah seiring dengan semakin besarnya keresahan masyarakat dengan ancaman virus yang hingga kini belum ditemukan penawarnya itu. (bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here