KSB Belum Penuhi Syarat Terapkan PPKM Mikro

H. Tuwuh (Suara NTB/dok)

Taliwang (Suara NTB) – Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk sementara ini dinilai belum dapat diterapkan.

Juru bicara Satgas Covid-19 KSB, H. Tuwuh mengatakan, jika merujuk pada sejumlah indikator yang ditetapkan pemerintah sebagai syarat penerapan PPKM Mikro. Maka posisi KSB saat ini belum memenuhi syarat pemberlakuan. “Per hari ini data kasus konfirmasi (positif Covid-19) kita saja tinggal 1 orang. Itu sudah tidak memenuhi syarat,” cetusnya, Kamis, 18 Februari 2021.

Iklan

Sesuai ketentuan, PPKM Mikro diterapkan dengan mempertimbangkan kriteria zonasi pengendalian wilayah hingga tingkat RT (rukun tetangga). Dijelaskan H. Tuwuh, dalam hal zonasi itu setiap wilayah RT ditandai dengan status warna, mulai hijau, kuning, orange hingga merah yang menunjukkan tingkatan kasus tertinggi infeksi Covid-19. “Secara keseluruhan KSB hari ini hampir semua hijau. Dan aturannya itu posisi aman sehingga pemberlakuan PPKM mikro belum bisa dilaksanakan,” timpalnya.

Meski demikian, kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KSB ini menyatakan kondisi itu tidak final. Pandemi corona yang masih mengintai kesehatan masyarakat KSB tidak dapat ditebak perkembangannya dari waktu ke waktu. “Bisa jadi kan sehari dua hari ke depan lonjakan kasus bisa terjadi sehingga kita harus menerapkan PPKM mikro di beberapa wilayah yang kasusnya tinggi,” bebernya seraya menambahkan hasil pementaan wilayah untuk pemberlakuan PPKM Mikro telah dikantongi Satgas Covid-19 kabupaten.

“Kita kan sebelumnya sudah sempat buat petanya. Nah itu akan jadi rujukan awal sambil melihat perkembangan kasus nantinya. Jadi kalau memang perlu diterapkan PPKM itu, kita bisa yaksanakan segera di wilayah yang memenuhi syarat,” pungkasnya. (bug)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional