KSB Bawa Masalah Konektivitas ke Musrenbangnas

Taliwang (Suara NTB) – Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa Barat kembali meminta kepada Pemerintah Pusat (Pempus) untuk bisa membangun infrastruktur penunjang konektivitas daerah. Hal tersebut kembali disuarakan Pemkab Sumbawa Barat dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) tahun 2017 di Jakarta belum lama ini, terutama masalah bandara dan dermaga.

Kepala Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Litbang KSB, dr. H. Syaifuddin kepada Suara NTB, Jumat, 12 Mei 2017 mengatakan, secara garis besar yang menjadi perhatian Pemkab Sumbawa Barat adalah perbaikan terhadap infrastruktur yang membangun konektivitas.

Iklan

Terkait hal tersebut, pihaknya kembali mempertanyakan kelanjutan masalah Bandara Sekongkang dan dermaga Labuhan Lalar. Memang di data awal masalah yang disuarakan ini (bandara dan dermaga) belum masuk dalam usulan Musrenbangnas, tetapi pihaknya tetap akan mendorong masalah ini. Sehingga asas manfaat dari bangunan yang sudah lama terbangun ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Kita akan terus perjuangkan masalah ini, mudah-mudahan Pemprov bisa membantu dan memperjuangkannya di Kementerian,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, apa yang disuarakan oleh Sumbawa Barat ini, secara lisan sudah mendapat respon positif dari Kementerian. Bahkan dermaga Labuhan Lalar yang ada saat ini harus tetap dikembangkan. Mengingat pelabuhan Benete nantinya akan menjadi pelabuhan khusus PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT).

Pelabuhan ini juga nantinya akan menjadi sibuk dengan aktivitas PT AMNT, sehingga jalan tengahnya dermaga Labuhan Lalar harus dimaksimalkan. Belum lagi apabila dermaga ini berada di Labuhan Lalar akan memberikan efek yang sangat besar bagi perkembangan perekonomian masyarakat.

“Inilah yang akan terus kita kejar (pemanfaatan dermaga) karena sinyalnya sudah ada dari Kementerian,” imbuhnya.

Selain itu, pihak PT AMNT juga melihat bahwa peluang untuk memaksimalkan keberadaan dermaga Labuhan Lalar sangat bagus. Karena pelabuhan Benete nantinya akan menjadi pelabuhan yang sangat sibuk dengan aktivitas. (ils)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here