KRPL Desa Oo Wakili Dompu Lomba Hatinya PKK tingkat Provinsi

Wakil Bupati Dompu, Arifuddin, SH saat meninjau meja yang menyajikan berbagai jajanan oleh KWT Bersama pada lomba cipta menu B2SA berbasis pangan lokal (Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Kelompok wanita tani Bersama Desa Oo Dompu yang mendapat program kawasan rumah pangan lestari (KRPL) dari Dinas Ketahanan Pangan tahun 2018 akan mewakili Kabupaten Dompu pada lomba Hatinya PKK tingkat Provinsi. Kelompok ini tergolong sukses memanfaatkan lahan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Hasil kebunnya, tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Tapi juga dapat memenuhi kebutuhan sayur dan pangan bagi masyakat lain. Sehingga, kelompok yang didominasi oleh kaum ibu – ibu ini mendapatkan tambahan penghasilan dari hasil panen sayur di kebunnya.

Iklan

Hal itu diakui Ketua Kwt Bersama Desa Oo, Nurul Hidayati kepada Suara NTB, Kamis, 25 Oktober 2018. Nurul Hidayati mengungkapkan, berbagai jenis buah, sayur dan peternakan dibudidaya pihaknya dengan memanfaatkan lahan pekarangan. Hasil budidaya ini juga sudah mulai dipanen dan dijual ke pasar.

Beberapa jenis sayur dibudidaya seperti sawi putih, sawi hijau, kol putih, kol merah, brokoli, wortel, terong, cabe, bayam, tomat dan berbagai jenis sayaran lainnya. Tidak hanya jenis sayuran yang dibudidaya, tapi juga unggas dan ikan air tawar. “Alhamdulillah kita cukup terbantukan dengan program KRPL ini,” ungkapnya.

Nurul sendiri mengaku, budidaya dengan memanfaatkan lahan pekarangan dilakoni sejak tahun 2014 lalu. Karena usahanya ini, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu kemudian mendorong pembentukan kelompok wanita dengan melibatkan warga sekitar untuk juga memanfaatkan lahan pekarangan.

“Alhamdulillah, 30 orang anggota kelompok kami merasakan manfaatnya. Tapi bagi sebagian anggota kelompok, karena belum terbiasa harus kami bimbing bersama dengan penyuluh yang mendampingi program KRPL,” jelasnya.

KWT Bersama Desa Oo juga turut serta dalam lomba cipta menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis pangan lokal yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu bekerjasama dengan KNPI Kabupaten Dompu di gedung Pemuda Dompu, Rabu, 24 Oktober 2018.

Pada lomba ini, KWT Bersama berhasil menjadi juara 1 untuk program kawasan rumah pangan lestari (KRPL). Juara 2 diaraih KWT Desa Ranggo, KWT Desa Bakajaya, dan KWT Desa Mumbu untuk juara 3 dan 4. Untuk kelompok KRPL, mereka dilombakan pembuatan kudapan atau makanan ringan yang bersumber dari pangan lokal non beras dan terigu.

KWT Bersama membuat beberapa jenis jajan yang bahan bakunya sebagian besar dari hasil kebun sendiri. Seperti dodol terong ungu, bolu jagung, bubur singkong, putri nyelam, dan berbagai jenis jajanan lainnya. Jajan putri nyelam sendiri merupakan jajanan khas Lombok yang dibuat dengan bahan singkong menggunakan pisang raja, gula dan kelapa.

Wakil Bupati Dompu, Arifuddin, SH yang meninjau meja tempat penyajian KRPL Desa Oo memberikan apresiasi atas hasil kreasi jajanan. Ia bahkan memberikan perhatian khusus kepada dodol terong ungu milik KWT Bersama dan meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk membibing kelompok ini soal kemasannya. “Supaya lebih menarik, kemasannya ini perlu diperbaiki. Nanti Dinas Perindustrian dan Perdagangan bisa bina lagi,” kata Arifuddin saat meninjau.

Selain menjadi juara pada lomba cipta menu B2SA berbasi pangan lokal, KWT Bersama juga telah ditunjuk untuk mewakili Dompu lomba program Hatinya PKK tingkat Provinsi pada November 2018 mendatang. Proses pembibitan kembali dilakukan pasca panen beberapa hari lalu untuk menyiapkan pasokan sayur di kebun dilakukan.

“InsyaAllah kelompok kami akan mewakili Kabupaten Dompu pada lomba Hatinya PKK tingkat Provinsi,” aku Nurul Hidayati. (ula/*)