KRI Dewaruci Kebanjiran Pengunjung

Gerung (suarantb.com) – KRI Dewaruci yang datang berkunjung ke Lombok dalam rangka acara ASEAN Cadet Sail 2016 kebanjiran pengunjung. Bahkan Komandan KRI Dewaruci, Letkol Widyatmoko Baruno Aji terkejut dengan banyaknya pengunjung yang bertandang ke kapalnya. “Banyak juga yang datang,” ujarnya, Selasa, 13 September 2016.

Salah seorang pengunjung, Huda mengaku datang ke Lembar karena penasaran dengan bentuk KRI Dewaruci. “Saya lihat infonya di televisi, penasaran karena ada kata ‘KRI’-nya. Makanya saya ajak anak datang kemari karena penasaran dengan bentuk kapalnya,” terangnya.

Iklan

Dalam kesempatan ini, pengunjung yang penasaran dengan KRI Dewaruci bebas berkeliling melihat kapal buatan tahun 1952 tersebut. Di bentangan tali yang terikat di tiang layar, dipasangi bendera berbagai negara di dunia. Jumlahnya puluhan bendera, karena Dewaruci telah sering melakukan pelayaran keliling dunia. Hal ini dilakukan karena salah satu misi Dewaruci sebagai pengemban diplomasi internasional.

Mengagumi keindahan KRI Dewaruci, pengunjung bisa melihat semua perlengkapan yang diperlukan dalam pelayaran. Hingga perlengkapan marching band yang digunakan para taruna. Pengunjung yang datang juga diberikan brosur tentang sejarah singkat KRI Dewaruci serta penjelasan fisik kapal.

Kesempatan pengunjung melihat kapal ini hanya sehari. Pada Rabu, 14 September 2016 kapal akan melanjutkan perjalanan sesuai rute ASEAN Cadet Sail 2016. “Besok pagi (Rabu, 14 September 2016) pukul 08.00 kami sudah berlayar lagi,” tambah Letkol Widyatmoko.

ASEAN Cadet Sail 2016 bertujuan memperkenalkan budaya beberapa daerah di Indonesia. Dengan rute pelayaran dari Balikpapan-Semarang-Surabaya-Lombok-Bali-Makassar-Balikpapan. (ros)