KRI dan Kapal Negara Lain Latihan Hadapi Bajak Laut di Tengah Bencana

Mataram (Suara NTB) – Kapal perang peserta Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 latihan fase laut di Laut Bali. Latihan non-perang di hari ke-empat MNEK 2018 ini berupa Maritime Interdiction Operation (MIO) atau Operasi Interdiksi Maritim.

Koordinator Bidang Latihan Fase Laut MNEK 2018, Kolonel Laut (P) Dato Rusman menjabarkan, latihan tersebut disimulasikan bahwa terjadi bencana alam di Lombok. Merespons itu, negara lain ingin memberi bantuan.

Iklan

“Bantuan asing ini kita kumpulkan dalam satu organisasi. Kita ke laut karena dampak bencana itu ternyata ada pengungsi yang keluar jadi kita amankan dengan HADR,” ujarnya.

Latihan itu dikombinasikan dengan operasi interdiksi. Disimulasikan, kelompok kerja interdiksi menghalau penyelundup dan bajak laut yang secara ilegal memanfaatkan situasi bencana untuk berbuat kriminal.

“Pada saat itulah kami laksanakan quick response operasi interdiksi,” kata Dato yang juga Komandan Satuan Kapal Eskorta Komando Armada RI Kawasan Timur ini.

Hasil latihan itu, kata Dato, menunjukkan Indonesia mampu menjaga dan berpartisipasi dalam mewujudkan keamanan maritim. (why)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here