KPU Tetapkan Calon Terpilih Pilkada KSB 2020

Ketua KPU KSB, Denny Saputra menyerahkan salinan SK penetapan pemenang Pilkada kepada ketua tim pemenangan Firin - Fud, Norvie Aperiansyani, Kamis, 21 Januari 2021.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Perjalanan panjang proses Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tahun 2020, Kamis, 21 Januari 2021, resmi berakhir. Hal ini seiring dengan diumumkannya penetapan pemenang kontestasi demokrasi 5 tahunan daerah itu oleh KPU setempat.

Kegiatan pengumuman pasangan Bupati dan Wakil Bupati itu, diadakan KPU KSB lewat gelaran rapat pleno terbuka di Hotel Grand Royal, Taliwang. Dalam kegiatan tersebut hadir tim pemenangan Paslon Dr. Ir. HW. Musyafirin, MM – Fud Syaifuddin, ST (Firin – Fud) yang ditetapkan sebagai pemenang bersama perwakilan partai pendukung. Bawaslu, jajaran Forkopimda serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Iklan

Ketua KPU KSB, Denny Saputra sebelum membuka rapat pleno penetapan, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung suksesnya gelaran Pilkada kali ini.

Menurut dia, Pilkada tahun 2020 merupakan agenda politik daerah yang paling berat dilaksanakan KPU karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19. “Tapi alhamdulillah akhirnya kita bisa juga sampai pada tahapan terakhir ini. Dan tentu Pilkada ini tidak akan sukses tanpa dukungan semua pihak. Kami penyelenggara, Bawaslu, TNI/Polri, pemerintah dan seluruh stake holder masyarakat. Jadi kami ucapkan terima kasih tak terhingga kepala semua pihak,” kata Denny.

Ia menyatakan, tidak saja dalam sukses pelaksanaan. Pilkada kali ini diungkapkannya berlangsung aman dan tentram. Meski tensi politik meninggi tetapi masyarakat mampu tetap menjaga konduisifitas daerah. “Kami selama ini menjalankan tahapan Pilkada juga merasa aman,” sebutnya.

Sementara itu berdasarkan hasil rapat pleno terbukanya. KPU KSB mengacu pada Berita Acara Nomor : 005/PL.02.7-BA/5207/KPU-Kab/I/2021 dan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa Barat Nomor : 4/PL.02.7-Kpt/5207/KPU-Kab/I/2021 menetapkan pasangan Dr. Ir. HW Musyafirin, M.M dan Fud Syaifuddin, S.T sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat Tahun 2020. Adapun perolehan suara pasangan ini sebanyak 55.459 suara atau 74,35% dari total suara sah.

Di akhir acara pleno, Kapolres KSB, AKBP Herman Suriyono memberi apresiasi kepada KPU dan Bawaslu KSB yang telah mengawal terselenggaranya Pilkada tahun 2020 hingga akhir. Menurut dia, suksesnya kegiatan Pemilu kali ini tidak lepas dari komitmen kerja-kerja profesional KPU dan Bawaslu. “Kami juga dalam menjaga kamtibmas dapat bekerja dengan baik karena penyelenggara sangat profesional,” cetusnya.

Terlepas dari berakhirnya seluruh tahapan kegiatan Pilkada, Kapolres mengimbau kepada masyarakat agar kembali menjalin kebersamaan. Pilihan politik yang berbeda di tengah masyarakat saat Pilkada, menurut dia, sudah tidak boleh lagi dipertahankan demi menjaga kondusifitas daerah. “Dan juga kepada pasangan terpilih tentu harapan kami juga bisa merangkul semua elemen dan menjadi pemimpin untuk seluruh masyarakat KSB,” imbuh Kapolres.(bug)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional