KPU Sumbawa Tetapkan Mo-Novi sebagai Paslon Bupati/Wabup Terpilih

Penyerahan salinan berita acara penetapan paslon bupati dan wakil bupati terpilih kepada parpol pendukung masing-masing paslon.(Suara NTB/ind)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – KPU Kabupaten Sumbawa resmi menetapkan Drs. H. Mahmud Abdullah-Dewi Noviani, S.Pd., M.Pd sebagai pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pilkada Sumbawa tahun 2020 pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 110/PHP.BUP-XIX/2021. Penetapan tersebut melalui rapat pleno terbuka yang digelar di  Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Senin, 22 Maret 2021.

Dalam keputusan yang dibacakan Sekretaris KPU Sumbawa, Lahmuddin S.E Nomor: 03/HK.03.1-Kpt/5204/KPU-Kab/III/2021, Mo-Novi ditetapkan sebagai paslon terpilih dengan perolehan suara sah terbanyak sebanyak 69.683 suara dari total suara sah sebanyak  274.866.

Iklan

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, M. Wildan, M.Pd kepada wartawan menyampaikan, penetapan paslon terpilih ini merupakan tahapan terakhir  Pilkada Sumbawa 2020. Penetapan mengacu kepada keputusan KPU Sumbawa dan MK.

‘’Alhamdulillah kita suskes pelaksanaannya. Meskipun ada gugatan di MK tetapi seluruh permohonan dari pemohon dinyatakan tidak dikabulkan seluruhnya oleh MK. Yang artinya keputusan KPU Sumbawa tanggal 17 tentang pleno rekapitulasi artinya sah. Di sana kan yang memperoleh suara tebanyak adalah paslon nomor 4, diikuti paslon nomor 5, paslon nomor 3, paslon nomor 1 dan paslon 2. Sehingga kami tetapkan di sini, dalam proses pelaksanaan tentu mengacu kepada keputusan KPU dan keputusan MK,” ujarnya.

Terkait proses berikutnya, jelasnya, pihaknya sudah menyampaikan salinan putusan kepada DPRD Sumbawa dalam hal pengusulan pelantikan terhadap calon terpilih. Jadwal pelantikan nantinya menjadi kewenangan Kemendagri dan Gubernur NTB. ‘’Jadwal pelantikan belum dapat dipastikan, itu kewenangan Mendagri. Hari ini (kemarin) kami sampaikan salinan putusan kepada DPRD. DPRD nanti akan menyampaikan ke Mendagri melalui Gubernur,’’ terangnya.

Pihaknya bersyukur proses pelaksanaan Pilkada Sumbawa berakhir dengan sukses, aman lancar dan kondusif. Karenanya, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa yang bertindak sebagai pemilih menggunakan hak pilihnya dengan angka partisipasi mencapai 82,42 persen.

Hal yang sama disampaikan kepada  seluruh penyelenggara baik tingkat desa, kecamatan yang telah mensukseskan Pilkada ini. Sehingga  tidak ada cacat dalam pelaksanaannya. Begitupula kepada pemerintah daerah, Forkopimda dan TNI/Polri yang telah mengawal KPU sampai tersusksesnya pelaksanaan pilkada dengan aman dan damai.

Kemudian kepada paslon, partai pengusung dan pendukung yang telah menjalankan proses pelaksanaan kampanye dengan baik dan lancar. Sehingga tidak ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan  terkait dengan kondusivitas daerah. ‘’Ini kita saksikan bersama bahwa Kabupaten Sumbawa benar-benar pelaksanaannya dengan penuh demokrasi yang luar biasa,’’ pungkasnya.(ind)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional