KPU Siapkan Rp 2 Miliar untuk Debat Kandidat Pilkada NTB Tahap Pertama

Mataram (Suara NTB) – Proses lelang penayangan debat kandidat tahap pertama pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2018, telah dituntaskan oleh KPU NTB. Lelang penayangan debat kandidat tersebut dimenangkan oleh stasiun televisi nasional, yakni TV One.

Demikian disampaikan oleh Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Ansori, saat dikonfirmasi Suara NTB, Senin, 16 April 2018. Alhamdulillah sudah jalan (lelangnya) dan dimenangkan oleh TV One,” ujar Aksar.

Iklan

Dituturkan Aksar, proses lelang debat kandidat tersebut diikuti oleh hampir semua stasiun televisi nasional. Mereka mengajukan penawaran masing-masing, dan juga diberikan kesempatan untuk melakukan presentasi terkait teknis debat dan pembiayaan.

Namun demikian, proses lelang debat kandidat tersebut dimenangkan oleh TV One. “Semua stasiun TV menawarkan, semuanya sudah presentasi. Selanjutnya ULP yang menindaklanjuti dengan lelang EO,” jelas Aksar.

Sebagai pemenang tender, maka dengan demikian TV One, memiliki hak resmi untuk menayangkan secara langsung proses debat kandidat empat pasangan Cagub dan Cawagub NTB tersebut.

Lanjut disampaikan Aksar, bahwa debat kandidat pasangan Cagub dan Cawagub NTB akan digelar tanggal 12 Mei mendatang. “Pastinya dilaksanakan pada tanggal 12 Mei mendatang,

Ditanya lebih lanjut, terkait teknis debat kandidat tersebu,  Aksar mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan materi debatanya. Sementara terkait teknis debatnya, diserahkan pada pihak EO yang akan melaksanakannya.

Diketahui biaya satu kali proses debat kandidat tersebut, KPU mengalokasikan Rp 1 miliar. Sehingga dengan dua kali debat, maka untuk debat kandidat saja, KPU menghabiskan Rp 2 miliar.

Namun demikian untuk debat kandidat tahap keduanya masih dalam proses lelang, sehingga pelaksanaan masih belum dapat dipastikan. Kita masih menunggu lelang debat kedua,” pungkasnya. (ndi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here