KPU NTB Tanggung Penuh Biaya Pilkada di Tujuh Kabupaten/Kota

Mataram (suarantb.com) – Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Ansori, SP mengatakan pihaknya akan menanggung biaya Pilkada NTB 2018 pada tujuh kabupaten/kota secara penuh. Sementara biaya Pilkada pada tiga kabupaten/kota yakni Lombok Barat, Kota Bima dan Lombok Timur akan dilakukan ditanggung bersama KPU masing-masing daerah.

Hal tersebut dikatakan Aksar usai rapat pembahasan penentuan pembagian anggaran Pilkada 2018 dengan KPU kabupaten/kota se-NTB,  Rabu, 27 Juli 2018 di Kantor KPU NTB. Aksar menjelaskan, hal tersebut dilakukan sebagai langkah konkrit dalam efisiensi anggaran.  Supaya tidak seluruhnya anggaran Pilkada ditanggung oleh APBD NTB.

Iklan

“Untuk tiga kabupaten/kota kita menyepakati sharingnya untuk anggaran. Karena jika diambil semua oleh provinsi tentu akan sangat signifikan dana yang dikeluarkan APBD provinsi,” ujarnya.

Aksar mengungkapkan, KPU NTB bersama KPU kabupaten/kota telah menyepakati pembagian tanggungjawab anggaran dengan tiga KPU kabupaten/kota untuk beberapa kegiatan Pilkada. Sementara tujuh kabupaten/kota lainnya anggarannya ditanggung oleh KPU provinsi.

“Kita menanggung tujuh kabupaten/kota untuk anggaran Pilkada dari APBD provinsi. Antara tiga kabupaten/kota, kita buat sharingnya, dianggarkan oleh mereka. Ini penting untuk efisiensi,” terangnya.

Ia menjelaskan, pembagian beban anggaran untuk tiga Kabupaten/kota tersebut mengacu surat Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor S-118/MK.02/2016. Kemudian keputusan KPU Nomor 43/kpts/KPU tahun 2016 dan keputusan KPU Nomor 44/kpts/KPU/2016 .

Sementara itu, terkait jumlah pemilih pada Pilkada 2018, Aksar memprediksi terjadi peningkatan sebesar 7 persen berdasarkan data pada Pilkada tujuh kabupaten/kota 2015 lalu. Jumlah total kenaikan data pemilih pada Pilkada  2018 sekitar 3.917. 207 pemilih yang sebelumnya berjumlah 3.568.594 pemilih. Ia menyebutkan jumlah KK (Kepala Keluarga) mengalami peningkatan sebanyak 2,5 persen  dari 1.474.494 KK menjadi 1.511.356 KK. (ast)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here