KPU NTB Serahkan APK

Anggota KPU NTB Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Yan Marli (Kanan) menyerahkan secara simbolis APK kepada salah satu perwakilan dari partai politik, Selasa, 4 Desember 2018. (Suara NTB/ndi)

Mataram (Suara NTB) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB, Selasa, 4 Desember 2018 telah menyerahkan dan membagikan Alat Peraga Kampanye (APK) yang difasilitasi kepada seluruh peserta Pemilu 2019 di tingkat provinsi.

Pembagian dan penyerahan APK tersebut dilakukan dalam rapat koordinasi penyerahan APK di kantor KPU NTB, yang dihadiri Bawaslu NTB dan peserta pemilu yakni perwakilan dari partai politik, tim kampanye presiden dan tim penghubung dari calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Iklan

Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Ansori yang dikonfirmasi menyampaikan, bahwa semua APK yang difasilitasi KPU bagi peserta Pemilu untuk tingkat Provinsi sudah rampung diselesaikan. Sehingga dapat serahkan kepada semua peserta pemilu.

“Untuk APK fasilitasi sudah rampung dan sudah saatnya diterima oleh para peserta Pemilu 2019,” kata Aksar.

Ia pun menyeburkan rincian APK yang diserahkan dan dibagikan kepada seluruh peserta Pemilu, yakni masing – masing tim kampanye capres dan cawapres diberi 15 APK/baliho, partai politik 11 APK/baliho dan DPD masing-masing memperoleh 5 APK/baliho.

Ia berharap, dengan APK diserahkan dan dibagikan kepada seluruh peserta Pemilu tersebut bisa dimanfaatkan dan dipergunakan dengan sebaik – baiknya oleh peserta Pemilu sebagai alat kampanye kepada masyarakat. “Kita harapkan APK yang sudah diterima dari hasil fasilitasi ini dimanfaatkan semaksimal mungkin,” ungkapnya.

Terkait pemasangan dan pemeliharaan APK itu sepenuhnya menjadi kewenangan dan tanggung jawab peserta Pemilu. Namun begitu, Ia mengingatkan peserta Pemilu agar pemasangan APK tersebut dilakukan sesuai lokasi sudah ditetapkan KPU.

“Pemasangan APK harus dilakukan sesuai ketentuan, dipasang ditempat yang sudah ditentukan,” imbuhnya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu NTB, Suhardi yang dikonfirmasi setelah penyerahan APK tersebut, menegaskan Bawaslu akan tetap melakukan pengawasan terhadap pemasangan APK dilakukan peserta Pemilu. Ia memastikan Bawaslu akan melakukan tindakan tegas berupa penertiban dan pembersihan terhadap APK yang ditemukan terpasang tidak sesuai aturan dan ketentuan berlaku. (ndi)