KPU KSB Tetapkan Firin – Fud Isi Kolom Kanan

Komisioner KPU KSB foto bersama pasangan Firin - Fud sambil menunjukkan tata letak posisinya di surat suara pada 9 Desember mendatang.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – KPU Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menetapkan pasangan Calon Bupati – Wakil Bupati HW. Musyafirin – Fud Syaifuddin (Firin – Fud) menempati kolom kanan surat suara pada Pilkada, 9 Desember mendatang.

Penetapan itu berdasarkan hasil penarikan undian pasangan tunggal Pilkada KSB tersebut saat acara pleno terbuka pengundian tata letak pemilihan tahun 2020 yang digelar KPU KSB, Kamis, 24 September 2020. “Berdasarkan hasil penarikan undian pasangan calon. Kami tetapkan pasangan HW. Musyafirin – Fud Syaifuddin menempati kolom kanan surat suara,” kata ketua KPU KSB, Denny Saputra sambil mengetuk palu tanda penetapan.

Iklan

Denny menjelaskan, berbeda dengan Pilkada yang diikuti oleh lebih dari satu pasangan calon. Di Pilkada KSB yang hanya diikuti satu pasangan calon, maka pengundian tidak dilakukan dalam bentuk penarikan nomor urut. Namun dalam bentuk penentuan posisi gambar calon pada surat suara, di kolom kanan atau kolom kiri. “Jadi nanti di surat suara tidak ada nomor pasangan. Yang ada posisinya di kolom kiri atau kanan kemudian disandingkan dengan kolom kosong atau kotak kosong,” paparnya.

Adapun posisi kolom kanan atau kiri pada surat suara, lebih jauh ia menyampaikan, menyesuaikan posisi arah pandangan pemilih saat berhadapan dengan surat suara. “Artinya kolom kanan itu sejalur dengan tangan kanan pemilih, begitu juga kolom kiri sejalur tangan kiri pemilih saat membuka lembar surat suara,” ulasnya.

Acara pengundian tata letak pasangan calon yang diadakan KPUB KSB, kemarin sekaligus dirangkaikan dengan penandatangan pakta integritas kepatuhan calon terhadap aturan Pilkada serta penerapan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19. Dalam kesempatan yang sama, Denny secara khusus memberi apresiasi pasangan berjuluk F-Three (F3) tersebut karena sejauh ini tetap menunjukkan kepatuhannya terhadap aturan. Khususnya pada penerapan Prokes pencegahan Covid-19. “Alhamdulillah hari ini kami lihat Paslon benar-benar mengikuti pembatasan jumlah rombongan yang sudah kami tetapkan,” tukasnya. (bug)