KPU KSB Belum Bisa Pastikan Jadwal Penetapan Paslon Terpilih

Denny Saputra. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – KPU Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) hingga kini belum dapat memastikan kapan pihaknya akan mengumumkan pasangan calon (Paslon) terpiih hasil Pilkada serentak tahun 2020 lalu.

Ketua KPU KSB, Denny Saputra menyatakan, tanpa adanya dokumen  Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) yang memuat sengketa perkara sengketa Perselisihan Hasil Pemilu (PHP) dari Mahkamah Konstitusi (MK). Pihaknya tidak akan bisa menyusul jadwal penetapan pengumuman Paslon terpilih tersebut. “Aturannya begitu. BRPK harus ada dulu. Kita lihat kalau tidak ada gugatan untuk Pilkada KSB baru kita bisa umumkan Palson terpilih,” terangnya, Senin, 4 Januari 2021.

Meski BRPK telah diterbitkan, Denny menjelaskan, pihaknya pun pada dasarnya belum bisa serta merta langsung mengumumkan Paslon terpilih. Prosedurnya, MK akan menyampaikan BRPK tersebut ke KPU RI. Selanjutnya oleh KPU RI, dokumen tersebut akan didistribusikan ke KPU seluruh daerah dan sekaligus menginstruksikan  mengumumkan penetapan Paslon terpilih bagi daerah yang Pilkadanya tidak ada dalam daftar gugatan. “Jadi dokumen BRPK itu harus benar-benar kami pegang dulu. Baru kami berani buat jadwal penetapannya (Paslon terpilih),” beber Denny.

Sebenarnya lanjut dia, selaku penyelenggara KPU KSB ingin segera menyelesaikan tahapan terakhir pelaksanaan Pilkada tersebut. Namun karena aturan, pihaknya tetap menunggu semua proses berjalan sesuai prosedurnya. “Apalagi sebenarnya kan hampir bisa dipsstikan tidak ada gugatan yang masuk ke MK untuk Pilkada kita (KSB) ini. Tapi kami harus ikut aturan mainnnya,” timpalnya seraya kembali meminta kepada masyarakat untuk bersabar.

“Kepasa Paslon dan masyarakat mohon bersabar menunggu kami mengumumkan penetapan Paslon terpilih. Kami ini diikat aturan dan harus mematuhinya agar Pilkada kita ini benar-benar sukses baik hasil maupun prosesnya,” pungkasnya. (bug)