KPU Ingatkan Penerapan Protokol Covid-19 di TPS

Suasana talkshow menjelang debat pamungkas pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu di Aula DPRD, Jumat, 4 Desember 2020. (Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – Pilkada tahun 2020, merupakan pesta demokrasi perdana di tengah pandemi Covid-19. Meski tak banyak perubahan dari biasanya, penerapan protokol kesehatan di TPS menjadi poin penting. Langkah tersebut bagian dari upaya memastikan momen penentu daerah lima tahun kedepan ini, tidak berimbas pada penambahan pasien terpapar.

Demikian dikemukakan Ketua KPU Dompu, Drs. Arifuddin dalam Talkshow menjelang debat pamungkas pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu di Aula DPRD, Jumat, 4 Desember 2020.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Dompu, AKBP. Syarif Hidayat, SH., S. IK dan Direktur Eksekutif Network for Democracy and Electoral Integrity, Dr. H. Ferry Kurnia Rizkiyansyah.

Menghadapi pemilihan 9 Desember di tengah pandemi ini, Arifuddin meyakinkan bahwa pihaknya selaku penyelenggara telah siap 98 persen. Baik dari segi kelengkapan sarana penerapan protokol kesehatan maupun logistik pemungutan suara.

“Karena Pilkada ini di tengah pandemi, kita wajib mematuhi dan mentaati protokol kesehatan. Bahkan panitia penyelenggara wajib menjalani rapid tes,” ungkapnya.

Selain penerapan protokol kesehatan ditekankan pada panitia penyelenggara, pemilih juga diingkatkan untuk mematuhinya. Termasuk disiplin atas waktu yang ditetapkan panitia guna meminimalisir kerumunan massa di satu titik.

Meski dalam suasana dan pola pemilihan yang sedikit berbeda, partisipasi pemilih harus meningkat. Sebab ini akan menentukan masa depan daerah dalam lima tahun kedepan. “Kalau sebelumnya partisipasi pemilih kita 89 persen, tahun ini kami berharap ada peningkatan,” harapnya.

Sebagaimana tahapan yang ada, masa kampanye pasangan calon akan berakhir pada 5 Desember 2020. Karenanya, tiap pasangan calon dan tim sukses diminta memastikan alat peraga kampanye yang ada bersih dari ruang publik pada Pukul 24.00 Wita.

Sementara Kapolres Dompu, AKBP. Syarif Hidayat, SH., S. IK dalam kesempatan tersebut mengajak semua elemen masyarakat untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan tetap mentaati protokol Covid-19.

“Apabila terjadi permasalahan, silahkan ada jalurnya, ada medianya untuk menyelesaikan masalah tersebut,” pungkasnya. (jun/ula)