KPU Dompu Gelar Sosialisasi Pilkada Sama Komunitas Sepeda

Ketua KPU Dompu, Drs. Arifuddin bersama komisioner KPU Dompu dan komunitas sepeda saat foto bersama pada acara pengundian doorprize di dermaga Soro Kempo, Minggu, 23 Februari 2020. (Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – KPU Kabupaten Dompu menggelar sosialisasi tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 melibatkan komunitas sepeda di Dompu. Sambil menyusuri jalan dengan bersepeda, tim KPU Dompu menyuarakan agar masyarakat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Dompu 23 September 2020.

Dengan mengambil titik mula di depan kantor KPU Dompu di jalan Bhayankari Dompu, Minggu, 23 Februari 2020 pagi dan diikuti oleh sekitar 100 orang peseda profesional, komunitas sepeda yang dikoordinir Dompu Gowes Comunity (DGC) menyusuri jalan dalam kota hingga ke pelabuhan Soro Kempo.

Iklan

Tim sepeda yang diawali mobil milik Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Dompu untuk mensosialisasikan tahapan Pilkada di sepanjang jalan, baru diikuti dengan mobil parwal Polres Dompu dan tim pesepeda. Di dermaga Soro Kempo, tim gowes langsung disambut hadiah undian doorprize.

Ketua KPU Dompu, Drs Arifuddin dalam sambutannya di dermaga Soro Kempo menyampaikan apresiasinya kepada tim sepeda yang ikut berpartisipasi dalam mensosialisasikan kepada masyarakat tentang tahapan penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Dompu tahun 2020. Harapannya, masyarakat bisa paham dan menggunakan hak politiknya untuk memilih pemimpin Dompu kedepan.

Agar terpilih pemimpin yang jujur dan amanah membangun Kabupaten Dompu yang lebih baik lagi, masyarakat diminta untuk tidak menggunakan hak politiknya dipengaruhi oleh politik uang. Namun sebelum menggunakan hak politik pada hari pencoblosan 23 September 2020, masyarakat harus bisa mengenali dulu pasangan calon yang tampil berikut visi misinya dalam membangun Kabupaten Dompu kedepan.

“Kenali pasangan calon melalui visi misinya. Pilih sesuai hati nurani dan tolak politik uang,” kata Arifuddin.

Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu, Drs Irwan yang ikut hadir menjadi peserta sepeda Minggu kemarin menyampaikan harapan yang sama agar bisa sama-sama mendidik calon pemilih, tidak hanya dapat menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara dalam menentukan calon pemimpin di daerah, tapi juga mendorong agar menolak politik uang. Dengan demikian akan lahir pemimpin yang amanah dan bisa memajukan Kabupaten Dompu.

Ketua DGC, Gatot Gunawan, SKM, MMKes pada kesempatan yang sama menyampaikan apresiasinya atas kepercayaan KPU pada komunitas sepeda dalam ikut serta mensosialisasikan tahapan Pilkada Dompu. “Kalau ada bahan sosialisasi agar dibagikan ke DGC, sehingga pada kesempatan berikutnya bisa dibagikan dan disosialisasikan kepada masyarakat,” katanya. (ula/*)