KPHL Amankan Kayu Diduga Hasil Pembalakan Liar

Dompu (Suara NTB) – Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Toffo Pajo, berhasil mengamankan 70 batang kayu diduga hasil penebangan liar. Kayu balok jenis sonokeling tersebut ditemukan di sekitar lahan HKm, so Ale, Kamis (16/2/2017).

Kepala KPHL Toffo Pajo, Dadan Kuswardhana, S. Hut., melalui anggota Polhut, Zakaria mengungkapkan puluhan batang kayu ini ditemukan tertumpuk dalam satu tempat. “Ini kita temukan di lahan Hkm pajo,” ungkapnya kepada Suara NTB di kantor KPHL Toffo Pajo, Rabu, 22 Februari 2017.

Iklan

Zakaria mengatakan, setelah dilakukan proses identifikasi terkait sumber penebangan liar tersebut, ditemukan spot penebangannya berada tepat di atas lahan sekitar HKm. Namun pelaku penebangan belum berhasil diungkap pihaknya. Karenanya lanjut dia, barang bukti yang ditemukan selanjutnya diamankan di resor KPHL Toffo Pajo. Sementara untuk panjang dan lebar 70 balok ini sebut dia bervariasi.

“Ukurannya beragam ada yang 15×15 ada yang 20×20 dan sebagainya,” ujarnya.

Guna memastikan siapa dalang di balik aktivitas penebangan liar tersebut, saat ini pihaknya tengah melakukan penyelidikan, terlebih mengintensifkan patroli disekitar kawasan penemuan barang bukti. Selain di lokasi tersebut kawasan lain yang juga marak penebangan liar ini terutama di Teka Ndahu, bahkan beberapa waktu lalu pihaknya sudah mengamankan 20 batang kayu yang juga diduga hasil pembalakan liar.

“Spot-spot lain itu paling di so Teka Ndahu, sementara untuk keterlibatan pejabat belum kita ketahui karena belum ada pelaku yang kita temukan,” pungkasnya. (jun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here