Kotak Suara Kardus di Lotim Ditemukan Rusak

Ketua KPU Lotim, Muhammad Saleh bersama Dandim 1615 Lotim memeriksa logistik kotak suara dan bilik suara di gudang tempat penyimpanan, Senin,  7 Januari 2019. (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Sebanyak 203 unit kotak suara kardus pemilihan umum (Pemilu) 2019 ditemukan rusak. Ratusan kotak suara tempat menaruh surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota itu ditemukan rusak setelah melakukan pemeriksaan, Senin,  7 Januari 2019 oleh jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama dengan Dandim 1615 Lotim.

Ketua KPU Lotim, Muhammad Saleh mengatakan kerusakan kotak suara disebabkan terkena air hujan dan tertindih saat diangkut menggunakan truk ke gudang tempat penyimpanan Lotim. Semua kerusakan dipastikan sudah diganti.

Iklan

Secara umum, kotak suara maupun bilik suara tersebut dalam keadaan baik. Semua dikategorikan baik dan aman. “Memang kondisi logistik hari ini sudah sesuai ketentuan, pengirimannya juga sudah sesuai prosedur,” ungkapnya.

Kebutuhan logistik pun secara umum sudah terpenuhi dari segi jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) se Kabupaten Lombok Timur. Disebut sampai dengan Senin kemarin, hampir 80 persen logistik sudah ada di Lotim. “kecuali formulir dan surat suara belum ada di Lotim,” ucapnya.

Diakui kotak suara kardus dan bilik suara kardus ini rawan kerusakan. Apalagi saat musim hujan. Namun diyakinkan, soal kepastian keamanan dan kenyamanan penggunaannya. Disebutkan pada tahun 2014 lalu, gelaran Pemilu Legislatif juga menggunakan sebagian logistiknya dari kardus.

Kekhawatirannya terjadi kerusakan hanya saat distribusi. Ketika bilik suara dan kotak suara dibawa oleh truk pengangkut menuju ke kecamatan lalu dibawa ke TPS-TPS yang ada di desa-desa. Namun dengan sistem distribusi yang sudah diatur dengan baik, kekhawatiran akan terjadi kerusakan diyakinkan tidak akan terjadi.

Disampaikan, mulai bulan Februari 2019 mendatang kotak suara dan bilik suara akan dirakit. Jika masih ada yang ditemukan rusak masih ada waktu penggantian. Dengan cepat dan sigap, segala kerusakan akan dilaporkan ke KPU pusat. “Sudah ada komitmen jika ada kotak suara yang rusak akan langsung diperbaiki,”  paparnya. Segala kemugkinan yang akan terjadi karena bahan utama pembuatan logistik kotak suara dan surat suara ini dari kardus dipastikan sudah ada langkah antisipasi.

Adapun jumlah bilik suara yang akan digunakan di Lotim sebanyak 15.357 unit yakni tersebar di 3.839 TPS. Masing-masing TPS ada 4 unit bilik suara. Sedangkan kotak suara sebanyak 19.195 unit atau sebanyak 5 kali jumlah TPS se Kabupaten Lotim. Meski sebutannya kardus, namun diyakinkan sangat layak dan tebal, sehingga tidak perlu dikhawatirkan akan jebol. (rus)