Seleksi CPNS, Pelaksanaan SKD Dimulai 27 Januari 2020

Ilustrasi seleksi CPNS (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Mataram sudah bisa mencetak kartu peserta ujian melalui akun masing – masing. Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) dimulai 27 Januari 2020.

Kepala Bidang Pengembangan Aparatur pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, H. Ahmad Mujahiddin menjelaskan, pelamar CPNS yang lulus administrasi sudah bisa mencetak kartu peserta ujian. Kartu dicetak dengan kertas A4 berwarna. Kartu peserta diverifikasi kembali sebagai persyaratan mengikuti tes.

Baca juga:  1.626 Lampaui Standar, 1.771 Pelamar CPNS Terpental

“Kita jadwalkan mulai 13 Januari 2020. Pelamar harus membawa KTP untuk kita cocokan,” kata Muja ditemui, Kamis, 2 Januari 2020. Hasil verifikasi tim terhadap dokumen 4.814 pelamar CPNS. Sebanyak 4.610 pelamar dinyatakan lulus administrasi. Dan, 204 tidak memenuhi syarat. Jadwal tes lebih maju dari sebelumnya dilaksanakan bulan Februari mendatang.

Secara teknis disampaikan Muja, SKD dilaksanakan selama 13 hari. Satu kali dites terdiri dari 75 peserta. Direncanakan per hari ada lima rombongan dimulai pukul 08.00 Wita dengan estimasi waktu satu gelombang 90 menit. “Satu gelombang 75 orang dengan 100 soal,” jelasnya.

Baca juga:  Sempat Tiga Kali Gagal, Warga Gomong Raih Nilai Tertinggi Seleksi CPNS

Lokasi SKD ditetapkan di SMKN 3 Mataram. Ini dipilih karena dari ketersediaan fasilitas lebih lengkap. Pemkot Mataram menumpang karena tidak memiliki ruangan atau stasiun computer assisted test (CAT).

Muja memastikan pelaksanaan tes CPNS tidak akan mengganggu proses belajar mengajar siswa. Sejak awal telah dikoordinasikan dengan pihak sekolah. Pengalaman tes beberapa tahun lalu tidak ada kendala apapun. “Kita juga pernah tes di sana. Tidak mengganggu belajar siswa,” tandasnya.

Baca juga:  Banyak Jatuh di TKP dan TWK, Pelamar CPNS Pemprov NTB Berguguran

Pelaksaan tes tahun ini berbeda dengan tahun 2018 lalu. Pembiayaan SKD ditanggung anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Mataram. Sedangkan, tahun lalu dibiaya APBN. Wajar daya tampung sekali tes mencapai 200 orang lebih.

Rencananya BKPSDM akan menggelar simulasi seleksi kompetensi dasar. Nantinya akan dikoordinasikan dengan Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (BKN). (cem)