Pemkot Mataram Terima Penghargaan SAKIP dari KemenpanRB

0
Walikota Mataram,H.Ahyar Abduh (tengah) berfoto bersama dengan Asisten II, H.Mahmuddin Tura, Insepktur Inspektorat, Lalu Alwan Basri, Kepala Bappeda H.Amiruddin dan Kabag Ortal, Lalu Syamsul Adnan usai menerima penghargaan SAKIP dari KemenpanRB. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram menerima penghargaan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah predikat B dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Penghargaan tersebut langsung diterima oleh Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh didampingi Asisten II Setda Kota Mataram, Ir.H.Mahmuddin Tura, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. H. Amiruddin, Inspektur Inspektorat, Lalu Alwan Basri dan Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana, Drs. Lalu Syamsul Adnan pada Senin, 27 Januari 2020 di salah satu hotel di Denpasar, Bali.

Perolehan nilai akuntabilitas kinerja Kota Mataram naik 1,01 dari 64,04 di tahun 2018 menjadi 65,01 di tahun 2019. Komponen penilaian yang diraih Kota Mataram diukur dari perencanaan kinerja 20,66, pengukuran kinerja 16,68, pelaporan kinerja 10,17, evaluasi internal 6,06, capaian kinerja 11,29. Sehingga, nilai hasil evaluasi yakni 65,05. Penilaian tersebut kata Syamsul Adnan pada rilis diterima pada Senin, 27 Januari 2020, menunjukan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan, budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil kinerja.

Mantan Camat Sandubaya ini menambahkan, capaian penilaian tidak terlepas dari kerjasama dari organisasi perangkat daerah memperhatikan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. “Penghargaan ini tidak terlepas dari giat semua OPD,” katanya. Pihaknya akan terus meningkatkan sistem akuntabilitas, sehingga ditargetkan predikat B naik menjadi BB.

Tentunya mengejar target tersebut, Pemkot Mataram perlu mengadakan beberapa persiapan seperti coaching clinic serta melakukan pendampingan kepada semua OPD. “Tentu kita tetap memperjuangkan agar Kota Mataram mendapat predikat B,” harapnya. (cem)