BKIPM Mataram Kampanyekan Semangat Anti Korupsi

Keluarga besar BKIPM Mataram mengkampanyekan hari anti korupsi 2019 di arena car free day Udayana Kota Mataram

Mataram (Suara NTB) – Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Mataram Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) bersama keluarga BKIPM Mataram mengkampanyekan semangat anti korupsi.

Kampanye ini menjadi rangkian peringatan Hari Anti Korupsi Senudunia (Harkodia) yang diperingati setiap tanggal 9 Desember. Harkoda tahun 2019 ini mengambil tema “Bersama Melawan Korupsi Mewujudkan Indonesia Maju”.

Rangkaian kegiatan memperingati Hakordia 2019 diawali dengan pemasangan spanduk Hakordia di kantor mataram dan di wilayah kerja (Wilker) Balai KIPM Mataram, sosialisasi kepada pengguna jasa pada saat inspeksi CKIB/HACCP, lomba mewarnai dengan tema “Stop Korupsi” melibatkan anak-anak tingkat TK, SD dan SMP. Lomba ini diharapkan sebagai bagian dari kampanye dan edukasi semangat anti korupsi sejak ini.

Kepala Balai KIPM Mataram, Suprayogi, S.Pi.MP berharap nantinya dapat membentuk generasi muda yang memiliki jiwa yang jujur, bertanggung jawab, disiplin.  Dan tentunya tidak melakukan tindakan yang mengarah kepada  korupsi dan  menjadi  generasi penerus bangsa anti korupsi.

Peringatan Hakordia 2019 juga  melibatkan masyarakat umum dengan kampanye bebas korupsi di arena Car Free Day di Taman Udayana Kota Mataram, Minggu,  8 Desember 2019. Dari kampanye ini, kata Suprayogi, masyarakat diajat untuk bersama-sama menggalakkan anti korupsi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya korupsi.

Suprayogi, bersama jajarannya turut mensosialisasikan mendukung gerakan stop korupsi, dengan memberikan pelayanan yang bebas dari korupsi, salah satunya untuk pembayaran jasa layanan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Balai KIPM Mataram dengan cara non tunai mengunakan mesin EDC (Electronic Data Capture). Pembayaran langsung masuk ke kas negara dan sistim pelayanan permohonan sertfikasi karantina ikan Balai KIPM Mataram juga sudah melalui sistim online sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan dan kecepatan pelayanan mendukung revolusi 4.0.

  BPBD Belum Terima Laporan Kerusakan Akibat Gempa

Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat umum dan para stakeholder. Bahwa pelayanan yang diberikan oleh Balai KIPM Mataram bersifat bersih, transparan dan bebas korupsi ujar Kepala Balai KIPM Mataram.

“Stop korupsi karena korupsi dapat memberikan dampak negative dan buruk bagi kehidupan manusia secara khusus dan keberlangsungan suatu wilayah. Korupsi juga sangat berbahaya bagi kehidupan manusia sebab korupsi dapat mempengaruhi aspek kehidupan ekonomi, politik, ketahanan, social, budaya dan agama,” demikian Suprayogi.(bul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here