Pemkot Targetkan Investasi Mencapai Rp1,4 Triliun

0

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Kota Mataram menargetkan jumlah investasi pada tahun 2020 mendatang mencapai Rp1,4 triliun. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Mataram, Irwan Rahadi, Selasa, 5 November 2019.

Kata Irwan, untuk menaikkan jumlah investasi tersebut, semua perusahan di Mataram terlebih dahulu harus menyelesaikan pajaknya. Dengan begitu kendala dalam menaikkan jumlah investasi dapat meningkat. “Jangan sampai kendala-kendala teknis belum diselesikan karena dapat menghambat investasi,” kata Irwan.

Jumlah investasi hingga September lalu, sebanyak Rp593 miliar di Mataram. Secara teknis lanjut Irwan, dalam melaksanakan kewenangan perizinan, Pemkot Mataram menargetkan membuat kantor pelayanan multifungsi. “Kita akan coba tiga bulan ke depan, karena banyak faktor, kita liat dari kendala-kendala, sarpras, personel, gagasan ini kita komunikasikan ke OPD terkait,” jelasnya.

“Kita akan melakukan pelayanan secepatnya, jangan sampai persoalan teknis di Dinas Perizinan juga ikut bersalah. Untuk meningkatkan peningkatan pelayanan, kita akan coba membuat pelayanan publik multiguna/multifungsi. Dalam satu areal itu harus di situ, selesai di satu tempat,” jelasnya.

Selama ini lanjut Irwan, tata cara perizinan di Mataram masih menggunakan mode online. Kendati demikian tidak akan menutup kemungkinan mengadakan pelayanan di kantor perizinan. “Memang lebih banyak online. Modelnya Online Single Submission (OSS),” imbuh Irwan.

“Dalam hal ini memang kita tetap fasilitasi, karena dalam pemenuhan komitmennya, itu harus mereka datang ke kantor sebagai syarat melakukan investasi di Mataram,” tutupnya. (viq)