4.610 Pelamar CPNS Kota Mataram Lulus Seleksi Administrasi

Keluarga pelamar melihat hasil seleksi administrasi penerimaan calon pegawai negeri sipil di Lingkup Pemkot Mataram, Jumat, 13 Desember 2019. (Suara NTB/cem)

Advertisement

Mataram (Suara NTB) – Sebanyak 4.610 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkup Pemkot Mataram, dinyatakan lulus administrasi. Pelamar yang tidak memenuhi syarat diberikan waktu tiga hari menyampaikan masa sanggah.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Baiq Nelly Kusumawati didampingi Kepala Bidang Pengembangan Aparatur, H. Ahmad Mujahiddin dikonfirmasi, Jumat, 13 Desember 2019 menyampaikan, hasil verifikasi tim terhadap dokumen 4.814 pelamar CPNS. Sebanyak 4.610 pelamar dinyatakan lulus administrasi. Dan, 204 tidak memenuhi syarat.

Pengumuman tes administrasi di Pemkot Mataram lebih awal dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya. Sesuai jadwal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) batas terakhir pengumuman administrasi tanggal 16 Desember. “Memang kita sesuai jadwal dari BKN. Cuma lebih awal,” kata Nelly.

Pelamar yang tidak lulus disebabkan ijazah tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan dengan formasi yang dilamar, kesalahan tujuan lamaran. Misalnya, harus menuju Walikota Mataram, tetapi tujuan surat ke kementerian dan gubernur. Selanjutnya, ada kesalahan mengunduh dokumen dan tidak mencantumkan surat tanda register.

Pasca pengumuman administrasi tambah Muja, banyak pelamar yang memprotes melalui akun media sosial milik BKPSDM. Admin telah menjawab pertanyaan pelamar dan mempersilakan melakukan sanggahan. “Kita persilakan pelamar menyanggah. Ada waktu selama tiga hari setelah pengumuman,” kata dia.

Persyaratan yang sifatnya prinsip tidak mungkin diluluskan. Seperti kelengkapan dokumen, status perguruan tinggi dan sebagainya.

Suandira, pelamar yang lulus administrasi bersyukur bisa jadi bagian dari peserta yang lulus administrasi. Pasca pengumuman tugasnya adalah belajar dan memperbaiki kesalahan pada seleksi CPNS tahun lalu. “Tinggal belajar saja. Sudah ada pengalaman tes tahun lalu,” jawabnya.

Hal senada disampaikan Handa. Meski gagal pada seleksi CPNS tahun 2018 akan dijadikan pembelajaran untuk menutupi kelemahan pada materi tes kompetensi dasar. Dia akan giat belajar mencari materi pendukung bahan seleksi. (cem)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.