Luluskan Pelamar CPNS yang TMS, Pemkot Tegaskan Hal Ini

Panitia penerimaan CPNS Kota Mataram sedang memverifikasi dokumen persyaratan pelamar CPNS yang telah mendaftar melalui situs SSCN, Senin, 18 November 2019. Hingga satu pekan pendaftar baru mencapai 721 pelamar. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Panitia seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkup Pemkot Mataram, terus memverifikasi dokumen persyaratan pelamar. Seratus lebih dari 292 pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat berpeluang diluluskan.

Kepala Bidang Pengembangan Aparatur pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, H. Ahmad Mujahiddin menyampaikan, pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) paling banyak kualifikasi pendidikan tidak sesuai dengan formasi, surat tanda register tidak ada, kesalahan mengunduh ijazah, tidak ada transkrip nilai dan ijazah dan lainnya.

Tim verifikasi terus bekerja melakukan validasi terhadap berkas persyaratan pelamar. Jika sebelumnya 292 pelamar dinyatakan TMS, jumlah ini berpeluang berkurang setelah dilakukan pencocokan terhadap ijazah maupun transkrip nilai. “Pokoknya sekitar seratus lebih kita luluskan,” kata Muja.

Baca juga:  Data Sementara, 3.354 Pelamar CPNS NTB Tidak Lulus Seleksi Administrasi

Seratus lebih pelamar CPNS sebenarnya berkasnya tertahan. Tim perlu memastikan kesesuaian dokumen yang dilampirkan. Berbeda halnya dengan kesalahan prinsip yang tidak mungkin akan diluluskan oleh tim.

Pemkot Mataram telah lebih dulu menyelesaikan proses verifikasi. Namun demikian, pengumuman administrasi disesuaikan yang ditetapkan oleh nasional tangga l6 Desember pekan depan. Ditambahkan Muja, pelamar yang merasa tidak puas terhadap pengumuman administrasi, diberikan waktu selama tiga hari untuk memberikan sanggahan. “Kepastian berapa yang tidak lulus nanti akan kita umumkan,” ucapnya.

Baca juga:  Nasib 223 Eks Honorer K2 Menggantung

Dari 275 formasi semua terpenuhi. Hanya saja di beberapa jabatan, banyak lamarannya sedikit. Misalnya, guru kelas ada sekolah formasi dibutuhkan satu dan pelamarnya satu. Dan, ada juga sampai 20 pelamar untuk satu formasi.  Seperti diketahui, jumlah pelamar CPNS di Kota Mataram mencapai 4.814. Dari hasil verifikasi sebelumnya 4.522 pelamar memenuhi syarat dan dipastikan akan mengikuti seleksi kompetensi dasar. (cem)