Seleksi CPNS di Mataram Tanpa Perpanjangan Waktu Pendaftaran

Tim seleksi penerimaan CPNS Kota Mataram mengecek satu persatu dokumen lamaran yang masuk melalui SSCN. Pemkot Mataram memastikan tidak akan memperpanjang pendaftaran. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Lingkup Pemkot Mataram terus bertambah. Senin, 25 November 2019 pukul 10.53 Wita, 3.920 pelamar telah mengunduh dokumen persyaratan. Pemkot Mataram memastikan tidak akan memperpanjang waktu pendaftaran.

Data dihimpun Suara NTB, pelamar yang telah mengisi formulir 4.447. Diantaranya, 3.920 pelamar telah mengunduh berkas. Dari total itu,121 pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat, 2.379 memenuhi syarat dan 681 dokumen belum terverifikasi. Kepala Bidang Pengembangan Aparatur pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, H. Ahmad Mujahiddin menyampaikan, sampai saat ini pelamar yang telah mengisi formulir terus bertambah. Sekitar pukul 10.53 wita yang telah mengisi formulir 4.447 pelamar.

Baca juga:  9.535 Pelamar Gugur, 76.335 Pelamar Perebutkan 3.204 Formasi CPNS di NTB

Jumlah ini bisa saja berkurang karena pelamar masih berhak mencari instansi. Sementara, 3.920 pelamar telah mengunduh dokumen dan dipastikan tidak bisa lagi memilih instansi. “Setiap hari terus bertambah. Sampai saat ini sudah ada 4.447 pelamar,” sebut Muja. Diakui, pelamar banyak yang tidak lulus administrasi atau tidak memenuhi syarat.

Hal ini disebabkan karena kebanyakan posisi yang dilamar tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan, salah mengunduh dokumen, surat lamaran diketik bukan ditulis tangan serta perguruan tinggi telah ditutup. Rupanya, pelamar yang telah memiliki ijazah tapi kampusnya telah dibubarkan atau tidak terakreditasi berdasarkan keputusan badan akreditasi nasional perguruan tinggi tidak diloloskan.

Salah satu contoh sebut Muja, Sekolah Tinggi Kebidanaan Satria asal Lombok Tengah. Ijazah lulusannya tidak diakui. Selain itu, ada juga pelamar dari universitas di Pulau Sumbawa juga tidak diluluskan dengan kasus sama. “Yang kasian mahasiswanya,” terangnya. Meski jumlah pelamar terus bertambah. Muja menegaskan, tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran. Walaupun server secara otomatis mengakhir masa pendaftaran pada Selasa (26/11) dini hari. Tetapi pada pukul 01.00 – 05.00 Wita, server memasuki masa pemeliharan. Artinya, pelamar tidak bisa mengakses kembali.

Baca juga:  347 Pelamar CPNS Pemprov Ajukan Sanggahan

Untuk formasi CPNS dipastikan telah terpenuhi. Termasuk formasi yang dapat diisi oleh penyandang disabilitas. Khusus pelamar disabilitas seperti dokter, ahli gizi, pamong pengajar dan lain sebagai harus memenuhi kriteria. (cem)