Pelamar CPNS Mulai Berguguran

Baiq Nelly Kusumawati (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Hingga hari keempat pendaftaran penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Lingkup Pemkot Mataram, Jumat, 15 November 2019, satu persatu dari hasil verifikasi dokumen administrasi pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat atau mulai berguguran.

Jumlah pendaftar hingga pukul 07.40 pada Jumat, 15 November 2019 yang telah mengisi formulir 330 orang. Dan, telah mengunduh persyaratan 126 orang. Dari total tersebut 76 dokumen pelamar dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan 16 pelamar lainnya tidak memenuhi syarat (TMS) atau gugur administrasi. Sedangkan, 34 pelamar proses verifikasi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati menyampaikan, di hari keempat jumlah pelamar terus bertambah. Pagi ini (kemarin, red) pelamar yang telah mengisi formulir 330 orang. Dan, 126 orang telah mengunduh persyaratan. Berkas atau dokumen yang diunduh langsung divalidasi dan verifikasi oleh tim. Hasilnya, 16 pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Baca juga:  31 Formasi CPNS Pemprov NTB Tanpa Pelamar

Dalam proses verifikasi dokumen panitia penerimaan CPNS lebih tegas dibandingkan tahun lalu. Panitia tidak lagi menghubungi pelamar jika persyaratan tidak terbaca. Dan, ini masukan dari Badan Kepegawaian Nasional. Pendaftaran bagian dari tes, sehingga membutuhkan ketelitian dan kecermatan pelamar.

“Kalau dulu kita telepon dulu. Ternyata ini yang menghabiskan waktu. Kalau sekarang tidak terbaca, langsung TMS,” ungkap Nelly ditemui usai menghadiri perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di halaman Kantor Walikota Mataram.

Jumlah pelamar setiap harinya terus bertambah. Namun demikian, Nelly belum berani memastikan apakah pelamar tahun ini lebih meningkat dibandingkan penerimaan CPNS tahun sebelumnya. Kebiasaan pelamar mendaftar pada detik – detik terakhir penutupan.

Di satu sisi, pemadaman listrik sering terjadi belakangan ini dipastikan mengganggu. Faktor ini bisa saja mengganggu proses verifikasi dan validasi oleh panitia. Termasuk berpotensi membuat server eror. “Tapi kita sudah back up menggunakan genset,” tandasnya.

Baca juga:  Pendaftar CPNS Kejaksaan 30.000 Pelamar

Nelly menambahkan, jadwal penerimaan CPNS di Kota Mataram dipastikan tidak ada perpanjangan. Pembukaan telah dimulai pada tanggal 11 November – 25 November. Dan, Kota Mataram tepat waktu. Kasus berbeda yang terjadi dengan Pemprov NTB. Validasi formasi mereka oleh BKN telat, sehingga diberikan waktu perpanjangan pendaftaran. “Kalau kami kan saat pelamar bisa mengakses berarti sudah mulai sampai 15 hari ke depan,” tandasnya.

Sejauh ini, panitia penerimaan CPNS belum menemukan kendala teknis dalam proses verifikasi dan validasi. Pun, pelamar berkonsultasi disiapkan help desk. Pihaknya akan menjawab pertanyaan atau keluhan pelamar baik secara langsung maupun melalui media sosial. (cem)