Pemkot Antisipasi Cuaca Ekstrem

Ilustrasi banjir di Kota Mataram (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Menghadapi cuaca ekstrem pada musim hujan bulan Desember hingga awal tahun 2020 mendatang, pemkot Mataram telah menyiapkan 9,12 ton beras yang akan digelontorkan kepada masyarakat yang terkena dampak. Beras tersebut telah dikemas dan siap didistribusikan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Mataram, Dedi Supriadi mengatakan, beras tersebut dikemas dengan berat 5 kg per kantong. Ada juga seberat 10 kg. “Kita tinggal distribusikan kepada masyarakat yang terkena dampak. Misalnya seperti banjir dan lainnya,” katanya kepada Suara NTB, Selasa, 12 November 2019.

Menurut Dedi, pengadaan tersebut sengaja disiapkan agar masyarakat tidak mengalami kesulitan saat tertimpa bencana. “Kita juga sudah siapkan, pada tahun 2020 nanti, Pemkot Mataram akan ada pengadaan lagi. Beras ini kita siagakan di gudang Dinas Pangan,” jelasnya.

Baca juga:  Warga Sesaot Dihebohkan Fenomena Hujan Es

Asisten I Setda Kota Mataram, Lalu Martawang menjelaskan, selain pengadaan beras tadi, Pemkot Mataram juga tengah berupaya memenuhi kelengkapan personel dalam melakukan upaya mitigasi bencana pada Desember mendatang. Pemkot juga sedang mengecek kelengkapan-kelengkapan yang memang dibutuhkan dalam menghadapi cuaca ekstrem ini. “Misalnya terjadi angin kencang, ini kan pohon-pohon di Mataram rawan tumbang juga. Kita antisipasi dengan memangkas pohon tersebut agar tidak tumbang,” imbuhnya.

Dengan begitu lanjut Martawang, semua peralatan untuk melakukan pemangkasan pohon tersebut harus disiapkan juga. “Kita harus siapkan alat dan lainnya,” katanya.

“Kalau untuk genangan atau banjir yang akan ditimbulkan, kita akan melakukan pembersihan aliran air yang tidak berjalan dengan baik. Kita akan lakukan normalisasi dengan memberdayakan pasukan biru dari PUPR untuk melakukan pembersihan drainase,” cetusnya.

Nanti lanjut Martawang, selama cuaca ekstrem, Pemkot Mataram juga sudah menyiapkan posko yang disiagakan di Pendopo Walikota Mataram. Kata dia, akan ada jadwal piket dari setiap OPD yang memiliki keterkaitan. Baik RSUD Mataram, Dinas Sosial, dan BPBD Kota Mataram. “Ini dilakukan dalam rangka meminimalkan dampak bencana tadi,” jelasnya.

Baca juga:  BMKG : Ada Daerah Belokan Angin di NTB

Antisipasi itu juga tengah disipakan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman kota Mataram. Kadis Perkim kota Mataram, H. M.  Kemal Islam mengatakan akan mengantisipasi adanya bencana dengan menginstruksikan kesiapsiagaan kepada semua pihak. “Dari Disperkim sendiri, kita tinggal menunggu dikerahkan oleh BPBD selaku insiden komander dalam penanganan bencana,” kata Kemal.

Untuk itu lanjut Kemal, semua pihak untuk selalu siapsiaga dalam mengahadapi cuaca ekstrem yang kapan pun bisa datang dan tidak hanya datang pada bulan Desember nanti. (viq)