Kuota CPNS Pemkot Bisa Direbut Pelamar Luar Daerah

Operator penerimaan CPNS Kota Mataram, Hidayatullah membuka situs SSCN mengecek kepastian pelamar bisa mengakses informasi melalui website tersebut. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan bagi pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang memiliki nilai passing grade (ambang batas) tinggi pada seleksi tahun 2018 dan tidak lulus diperbolehkan mendaftar ke instansi berbeda. Kebijakan ini menjadi kekhawatiran bahwa kuota CPNS di pemkot Mataram bisa direbut pelamar luar daerah.

Kepala Bidang Pengembangan Aparatur pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, H. Ahmad Mujahiddin dikonfirmasi, Senin (11/11), memberikan gambaran detail terkait kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil dan Reformasi Birokrasi tersebut. Pelamar yang memenuhi nilai ambang batas namun di satu instansi. Sebagai contoh, P1/TL terdapat lima pelamar memenuhi passing grade. Untuk mengikuti tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) akan diambil tiga orang pelamar dengan nilai tertinggi. Dan, satu orang yang akan diambil menjadi CPNS.

Pada seleksi CPNS tidak empat orang yang diambil melainkan dua orang yang mengikuti SKB tersebut. Di satu sisi, kebijakan pemerintah pusat dikhawatirkan kuota CPNS akan direbut oleh pelamar dari luar daerah seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. Sebab, kualifikasi pelamar yang telah mengikuti seleksi tahun lalu tetapi memiliki SKD tinggi bisa saja mencari peluang untuk melamar ke daerah timur.

“Contohnya sarjana teknik sipil dibutuhkan hanya satu. Karena kualifikasi pendidikan sama dan kebetulan di instansi di daerah membutuhkan penilai pajak dengan kualifikasi pendidikan sama bisa melamar,” jelasnya.

Rata – rata nilai ambang batas pelamar di Jakarta, Bandung dan Surabaya tinggi – tinggi. Dia mencontohkan, anak temannya memiliki nilai passing grade 420 di Bandung. Tetapi tidak lolos karena persaingan nilai di sana ketat. Dengan modal SKD 420 bisa dipakai melamar ke daerah lain termasuk Kota Mataram. Rata – rata nilai passing grade di sini rendah.

Artinya, peluang pelamar luar daerah akan lebih besar dibandingkan pelamar dalam daerah. Mereka pun bisa ikut atau tidak SKD. Kecuali, pemerintah pusat membatasi instansi buka formasinya. “Kalau nilai setelah ikut SKD rendah. Tetap juga dipakai nilai tertinggi sebelumnya. Mereka sudah ada modal. Peluangnya lebih besar mengisi formasi di daerah timur,” bebernya.

Pembukaan pendaftaran CPNS akan dimulai pada pukul 00.00 Wita tengah malam. Saat ini, pelamar belum bisa mendaftar melalui SSCN. Pendaftaran online dibuka selama 15 hari. Pihaknya tambah Muja, telah menginjeksi 275 formasi. Untuk pelamar di usia 40 tahun memiliki peluang untuk mengisi formasi dokter spesialis. Dan, ada juga formasi untuk disabilitas tetapi harus memenuhi persyaratan ditentukan. (cem)