Pendaftaran CPNS di Kota Mataram Mulai Pekan Depan

Admin penerimaan CPNS Kota Mataram, Hidayatulloh membuka website SSCN, Selasa, 5 November 2019. Pendaftaran akan dimulai Senin, 11 November 2019. Untuk proses login menunggu injeksi dari KemenpanRB. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Dari 275 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) diterima oleh Pemkot Mataram, formasi guru kelas paling banyak dibutuhkan yakni 155 formasi. Pendaftaran akan dimulai Senin, 11 November 2019.

Selain itu, guru mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia 5 formasi, Matematika 4 formasi, guru IPA, Agama dan Bimbingan Konseling masing – masing 1 formasi dan guru Penjaskes 10 formasi. Sedangkan tenaga kesehatan dari 76 formasi yang dibutuhkan paling banyak tenaga keperawatan 21 formasi dan bidan 14 formasi. Selebihnya tenaga dokter, apoteker serta tenaga teknis lainnya sebanyak 22 formasi.

Kepala Bidang Pengembangan Aparatur pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, H. Ahmad Mujahiddin membenarkan,  kebutuhan guru kelas (SD) hampir setengah atau 155 dari ketersedian formasi yang butuhkan oleh Pemkot Mataram pada penerimaan CPNS tahun ini.

Baca juga:  Pemda Loteng dan Sumbawa Diburu Pelamar CPNS

Tingginya kebutuhan guru kelas didasari oleh guru SD juga banyak pensiun. Dia memberikan gambaran kekurangan guru SD tahun 2018 saja mencapai 390 guru. Ini belum terakumulasi dari guru SD yang pensiun di tahun 2019. “Guru mata pelajaran ada beberapa karena memang ada yang pensiun,” kata Muja ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 5 November 2019.

Saat ini telah dipersiapkan persyaratan teknis untuk dimasukkan di aplikasi dan menunggu injeksi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi ke SSCN. Muja menambahkan, berdasarkan kesepakatan awal pada rapat kerja nasional di Yogyakarta, pendaftaran dimulai tanggal 11 November pekan depan.

“Tanggal 10 November kita umumkan. Baru tanggal 11 November kita buka pendaftaran,” tambahnya. Pendaftar CPNS dipastikan ada melonjak dibandingkan tahun lalu. Prediksi ini dikarenakan satu formasi diperuntukkan bagi tenaga teknis yakni hanya lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK). Lulusan SMK khususnya otomotif di Kota Mataram relatif tinggi. Dan, tidak menutup kemungkinan peluang itu juga dikejar oleh pelamar dari luar Kota Mataram.

Baca juga:  Pendaftaran CPNS Pemprov NTB Diperpanjang

Muja menambahkan, proses pendaftaran tahun ini lebih mudah dibandingkan tahun lalu. Pelamar bisa melihat dokumen yang telah diunduh sebelum dikirim. “Bisa dicek apakah sesuai format atau tidak. Kalau dulu kan tidak bisa dilihat. Apakah dokumennya kepotong atau tidak bisa terbaca,” tandasnya.

Di satu sisi, ia tetap mengingatkan bahwa pelamar tidak mempercayai oknum manapun yang menjanjikan kelulusan pada penerimaan CPNS. Sistem digunakan adalah computer assisted test (CAT). Artinya, pelamar dapat langsung melihat hasil seleksi kompetensi dasar. (cem)