TPA Kebon Kongok Mulai Dibuka

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah regional di Kebon Kongok, Lombok Barat, Rabu, 23 Oktober 2019, kembali dibuka.

Mataram (Suara NTB) – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah regional di Kebon Kongok, Lombok Barat, Rabu, 23 Oktober 2019, kembali dibuka. Kendati demikian, Pemkot Mataram tetap mambuang sampah ke TPA sementara di Kebon Talo. Sampah yang dibuang ke TPA Kebon Kongok hanya berada pada zona aman hingga kobaran api di TPA yang sedang kebakaran tersebut nantinya benar-benar padam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, Irwan Rahadi menuturkan, proses pembuangan sampah ke TPA Kebon Kongok masih terbatas. Karena, di TPA Kebon Kongok masihberlangsung proses pemadaman api. “Kita buang sampahnya di zona aman saja. Mulai jam 09:00 Wita kendaraan kita sudah mengangkut sampah ke sana,” jelas Irwan, Rabu, 23 Oktober 2019.

Untuk pembuangan sampah ke TPA Kebon Kongok kata Irwan, untuk sementara ini, Pemkot Mataram akan mengatur regulasi waktu pembuangan. Karena, dibukanya TPA Kebon Kongok tersebut, ada beberapa kendaraan sampah dari Mataram masih ditunda seperti pick up dan dump truck. “Karena dia butuh waktu menurunkan sampah, tidak kayak truk langsung bisa turun otomatis. Karenanya kita masih tampung ke TPS sementara di Kebo Talo,” jelasnya.

Irwan menilai, dibukanya TPA Kebon Kongok belum bisa menampung semua kendaraan angkut sampah dari Mataram. Kondisi tersebut mebuat Pemkot Mataram akan mengatur jumlah angkutan sampah yang diopersaikan ke TPA Kebon Kongok. “Kita akan tunggu sampai betul-betul nomal. Arealnya pun masih terbatas,” kata Irwan.

“Sisa  sampah akan dibuang ke TPS sementara dulu. Nanti TPS sementara ini kita evaluasi sambil kita menyelesaikan timbunan sisa sampah di Mataram. Kita target minggu depan sudah ditutup. Dengan catatan TPA Kebon Kongok ini berjalan sesuai dengan semestinya,” jelas Irwan.

Sampai saat ini, pembuangan sampah di Mataram masih bisa terkendali. Ada pun Pemkot Mataram sudah mulai mengurangi jumlah sampah di Mataram. “Juga ada masih bebrapa TPS depo yang hari ini kita rencanakan melakukan sweeping untuk penghabisan sampahnya,” imbuhnya.

Dari 36 dump truck dan pick up yang mengangkut sampah kata Irwan, Pemkot Mataram membatasi pembuangan sampah ke TPA Kebon Kongok maksimal tiga kali selama dibuka Rabu kemarin. Untuk armada roda tiga akan tetap membuang sampah ke TPS sementara di Kebon Talo. “Nanti setelah benar-benar pulih (TPA Kebon Kongok), sampah di TPS sementara akan kita bersihkan, kita rapikan, baru akan betul-betul kita tutup,” demikian kata dia. (viq)