Pengerjaan Proyek Pasar ACC Dikhawatirkan Molor

Beberapa pekerja sedang memindahkan sisa material pembongkaran di pasar ACC, Selasa, 15 Oktober 2019. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Perdagangan Kota Mataram telah mengevaluasi pengerjaan konstruksi tiga proyek pasar tradisional tahun ini. Pasar ACC mengalami deviasi minus 13 persen. Hal ini dikhawatirkan pekerjaan tidak bisa selesai tepat waktu alias molor.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, H. Amran M. Amin menyampaikan, pihaknya telah mengevaluasi tiga pekerjaan fisik pasar tahun ini. Yang paling memiliki progres baik adalah pekerjaan Pasar Cakranegara dan Pasar Mandalika. Sementara pasar ACC setelah dicek ada deviasi minus 13 persen.

Pihaknya memanggil rekanan untuk mendengar penjelasan tak tercapainya target pengerjaan fisik bangunan. Rekanan beralasan bahwa pekerjaan perakitan tidak dilakukan di tempat melainkan di showroom. “Saya minta staf mengecek ke sana. Memang ada proses perakitan,” terangnya dikonfirmasi, Senin, 14 Oktober 2019.

Baca juga:  Pembangunan Kantor Walikota Dikawal Mahasiswa

Pasar Mandalika dikerjakan dengan nilai kontrak Rp2,4 miliar, pasar

Cakranegara dikerjakan dengan nilai kontrak Rp1,8 miliar lebih. Sementara pasar ACC di Kelurahan Ampenan Tengah, Kecamatan Ampenan dikerjakan dengan nilai kontrak Rp1,1 miliar. Anggaran tiga pasar tradisional ini berasal dari dana perbantuan dari pemerintah pusat.

Deviasi pekerjaan ini dikhawatirkan penyelesaian proyek bakal molor. Sebagai pengguna anggaran, kata Amran, deviasi akan berdampak terhadap keterlambatan. Pihaknya berkoordinasi dengan Tim Pengawal, Pengamanan, Pemerintah dan Pembangunan (TP4D). Dengan deviasi minus 13 persen masih bisa ditolerir.

Baca juga:  Lanjut, Penyelidikan Proyek Dermaga Waduruka

Hambatan seperti tiang listrik menghalangi pekerjaan telah dikoordinasikan dengan PLN untuk dipindah. Artinya, rekanan tidak memiliki alasan lagi untuk menunda pekerjaan. “Berkat koordinasi dengan TP4D tiang listrik yang jadi kendala langsung dipindah,” ujarnya.

Amran mengharapkan, tiga proyek pasar bisa selesai tepat waktu. Sehingga, pedagang bisa segera menempati lokasi tersebut dengan aman dan nyaman. (cem)