Dimulai November, Ini Kabar Terbaru Pendaftaran CPNS di Kota Mataram

Ahmad Mujahiddin (Suara NTB/cem) 

Mataram (Suara NTB) – Para pencari kerja di Kota Mataram mulai sekarang perlu mempersiapkan diri. Pendaftaran calon pegawai negeri sipil akan dimulai bulan November mendatang. Jatah formasi diumumkan pertengahan Oktober.

Rapat koordinasi diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara di Yogyakarta, bahwa total formasi CPNS dibutuhkan tahun 2020 sebanyak 197.111. Jumlah itu terbagi menjadi rekrutmen instansi pemerintah pusat 37.654 formasi. Dan, jatah formasi daerah 159.257 formasi.

Pengumuman formasi ke kabupaten/kota dan provinsi dimulai pada bulan Oktober. Pendaftaran akan dimulai bulan November, pengumuman hasil seleksi administrasi di bulan Desember dan pelaksanaan seleksi kompetensi dasar dijadwalkan bulan Januari hingga Maret 2020 mendatang.

Seleksi administrasi disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Aparatur pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, H. Ahmad Mujahiddin, dimulai November. Panitia memiliki waktu maksimum 21 hari menunggu masa sanggahan. Panitia memberi ruang bagi pelamar jika merasa tidak lulus karena persyaratan administrasi tidak lengkap.

Setelah dinyatakan final

baru dilaksanakan tes tulis atau seleksi kompetensi dasar di bulan Januari – Maret. “Ada masa sanggahan minimum 14 hari. Dan, maksimum 21 hari. Ini untuk mengakomodir pelamar,” kata Muja dikonfirmasi, Jumat, 27 September 2019.

Penerimaan CPNS tahun ini, Pemkot Mataram mengajukan ke pemerintah pusat sebanyak 300 formasi untuk umum dan 300 formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). Namun demikian, pemerintah pusat belum mengumumkan jatah formasi masing – masing daerah. “Sampai sekarang belum ada. Kemungkinan bisa di bulan pertengahan Oktober,”tandasnya.

Tahapan seleksi CPNS kali ini lebih panjang dibandingkan penerimaan tahun sebelumnya. Muja mengatakan, tahun 2018 sudah ada formasi diberikan oleh pemerintah pusat. Tahapan seleksi telah jelas.

Berbeda dengan tahun ini formasi belum diumumkan ke daerah. Sementara, tahapan proses penerimaan baru saja diumumkan oleh BKN. “Ndak lama. Kalau dulu formasi dan jadwalnya sudah ada,” ujarnya. Oleh karena, pelamar diminta mulai saat ini mempersiapkan persyaratan administrasi. Jadwal rekrutmen CPNS telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. (cem)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.