Jemaah Haji Kota Mataram Tiba 20 Agustus

0

Mataram (Suara NTB) – Sebanyak 450 jemaah haji yang masuk kelompok terbang (Kloter) III asal Kota Mataram, akan tiba. Proses pemulangan secara bertahap. Saat ini, pelaksanaan rukun haji telah selesai dilaksankana di Tanah Suci.

Untuk kloter ketiga disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, H. Burhanul Islam dikonfirmasi, Selasa (13/8) akan tiba di embarkasi Lombok pada tanggal 20 Agustus. Disusul kloter VII tanggal 25 Agustus dan kloter IX pada tanggal 29 Agustus. “Pemulangan Insya Allah bertahap. Pertama sampai itu kloter tiga,” kata Burhanul.

Laporan diterima secara keseluruhan jemaah haji dalam kondisi sehat. Sebagian jemaah telah mengambil nafar awal. Sebagian lainnya melaksanakan nafar tsani. Jemaah yang telah melaksanakan nafar awal telah kembali ke Mekah. Dan, jemaah usia lanjut masih mengambil nafar tsani.

“Setelah nafar tsani jemaah melaksanakan tawaf ifadah dan resmi mendapatkan haji dan hajjah,” terang Burhanul.

Proses pemulangan jemaah haji akan diserahkan secara simbolis oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama ke masing – masing kabupaten/kota. Setelah itu, jemaah baru dikembalikan atau boleh dijemput oleh keluarga di asrama haji.

Pemulangan ini, keluarga akan diberikan stiker khusus oleh Kemenag sebagai penanda. “Tiga hari sebelum pemulangan baru dibagikan stiker,” tandasnya.

Secara keseluruhan jemaah haji asal Kota Mataram berjumlah 757 jiwa termasuk petugas haji. Jemaah haji ini terbagi dalam tiga kloter. Kloter tiga yang diberangkatkan 9 Juli lalu berjumlah 450 jemaah, kloter tujuh 140 jemaah dan kloter IX sebanyak 167 jemaah. (cem)