Pemkot Mataram Usulkan 300 Formasi CPNS

Ahmad Mujahiddin (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram kembali mengusulkan 300 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) ke pemerintah pusat. Tenaga pendidik paling banyak dibutuhkan. Kebutuhan formasi telah dikirim oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSD) Kota Mataram, berdasarkan surat nomor 821/789/BKPSDM/IV/2019 tentang penyampaian hasil penghitungan kebutuhan ASN.

Usulan itu menindaklanjuti surat Badan Kepegawaian Negara Nomor A26-30/V512/99 tanggal 8 April 2019. Dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kepala Bidang Pengembangan Aparatur pada BKPSDM Kota Mataram, Ahmad Mujahiddin membenarkan adanya usulan formasi CPNS dikirim ke pemerintah pusat. “Sudah kita kirim pertengahan April itu,” kata Muja.

Sebanyak 300 formasi yang diusulkan ke Badan Kepegawaian Negara. Rinciannya tenaga pendidik 180 formasi, tenaga kesehatan 90 formasi dan tenaga teknis 30 formasi. Disampaikan Muja, gambaran kebutuhan pegawai negeri sipil di Kota Mataram sampai tanggal 31 Desember 2018 sejumlah 5.155 orang. Setelah dilakukan proyeksi sampai batas usia pensiun akhir tahun 2019 berjumlah 190 orang.

Sementara, formasi yang lowong di akhir tahun 2018 lalu berjumlah 1.594 formasi. Di tahun yang sama, Pemkot Mataram mendapatkan jatah 262 formasi dan telah diangkat sebagai CPNS tanggal 1 April. “Masih ada sisa kekurangan atau lowong 1.332 formasi,” sebutnya.

Penyampaian formasi pegawai ke pemerintah pusat menjadi kewajiban pemerintah daerah setiap tahunnya. Data kebutuhan pegawai jadi referensi pemerintah pusat untuk menentukan jumlah formasi diberikan ke daerah. Pemkot Mataram saat ini, menunggu kebijakan dari Badan Kepegawaian Negara dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi, memberikan jatah formasi.

Harapannya, pemerintah pusat menyetujui keseluruhan usulan tersebut. “Pemerintah juga mempertimbangkan soal anggaran,” cetusnya. Muja tidak mengetahui apakah ada kebijakan penerimaan CPNS atau tidak tahun ini. Informasi penerimaan 100 ribu CPNS tahun ini diharapkan mengcover kebutuhan pegawai di Kota Mataram. (cem)