Gratis Isi BBM Non Subsidi Seluruh SPBU di Mataram dan Lombok Barat

Ilustrasi POM Bensin Pertamina (Suara NTB/ist)

Mataram (suarantb.com) – Pertamina (Persero) memberikan garansi seratus persen kepada pembeli bahan bakar PertaSeries di seluruh SPBU di Lombok, terutama SPBU yang ada di Kota Mataram dan Lombok Barat. Jaminan ini berlaku bagi konsumen yang tidak dilayani dengan baik oleh para petugas pengisian di masing-masing SPBU.

Pertamina terus berinovasi guna memastikan optimalnya pelayanan terhadap konsumen di SPBU. Salah satu inovasi tersebut, dengan diluncurkannya Program SUPER (Senyum/Struk Pertamina) untuk pertama kalinya di Indonesia.

Program ini di luncurkan Kamis,  10 Januari 2019 oleh Pertamina NTB, bersama stakehodernya, Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas), Telkomsel, Dinas ESDM Provinsi NTB dan Bapenda Provinsi NTB di Lombok Epicentrum Mal (LEM) Mataram.

Kali ini Pertamina berani memberikan garansi berupa pemberian kembali uang konsumen 100% (refund), apabila konsumen menemukan operator SPBU yang kurang melayani dengan baik dan tidak memberikan struk (nota pembelian) saat pembelian produk BBM Non Subsidi / PertaSeries (Pertamax, Dexlite, Pertamax Turbo, dan Pertamina Dex).

Ketentuan ini secara otomatis telah berlaku.  Mekanisme program yang ditawarkan sangat sederhana, konsumen cukup mengikuti ketentuan yang tertera dalam poster di SPBU yaitu dengan mengirimkan video rekaman saat transaksi PertaSeries di SPBU melalui pesan Whatsapp ke contact center yang tertera di setiap poster program SUPER yang terpasang di SPBU . Laporan yang masuk selanjutnya akan di verifikasi kebenarannya. Jika terbukti pelayanan di SPBU tak optimal, nilai pembelian seratus persen diganti.

Sales Executive Retail Pertamina NTB Sigit Wicaksono menjelaskan, mengawali tahun 2019 ini, Pertamina membuka wajah baru dengan melibatkan secara aktif masyarakat untuk bersama mengawasi pelayanan di SPBU.

Harapannya agar keramahan ini benar-benar menjadi ciri khas SPBU Pertamina, serta dengan mendapatkan struk pembelian konsumen dapat bergabung dalam program promo Berkah Energi Pertamina (BEP) yang tengah berlangsung hingga 31 Juli 2019 mendatang. Konsumen BBM Non Subsidi tidak hanya mendapat layanan yang prima, namun juga berkesempatan mendapatkan undian hadiah menarik.

“Lombok, NTB ini sangat terkenal karena keramahannya. Melalui program SUPER ini, kita patenkan kerahaman masyarakat ini ke dalam jaminan pelayanan terbaik di SPBU-SPBU yang ada di Kota Mataram dan Lombok Barat. Menyusul ke SPBU lainnya secara bertahap,” kata Sigit.

Ketua DPC Hiswana Migas Provinsi NTB, I Komang Mahendra Gandhi juga turut mendukung program SUPER dari Pertamina.

“Sudah waktunya kami membuktikan kepada konsumen setia SPBU Pertamina di Lombok bahwa keramahan petugas SPBU kami bukan sekedar selogan saja. Dan memang konsumen Perta Series harus lebih dispesialkan pelayanannya agar semakin nyaman,” demikian Gandhi.

Respon positif juga disampaikan pemerintah daerah. Diwakili Kepala Bidang Pajak Daerah Bappenda Provinsi NTB, Muhammad Husni menyebut, terobosan yang dilakukan oleh Pertamina NTB tidak saja dapat memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Lebih dari itu, pemerintah daerah, dan masyarakat di NTB juga akan mendapatkan dampaknya langsung. Dengan membeli produk-produk BBM nonsubsidi, penerimaan daerah melalui Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) juga dapat terdongkrak.

Dari total pengguna kendaraan di NTB, sekitar 35 persen disebut telah menggunakan BBM non subsidi. Tahun ini pemerintah daerah menargetkan penerimaan pajak sebesar Rp1,3 triliun.  Dari PBBKB sekitar 246 miliar, atau 18 persen.

“Dengan mendukung program ini, artinya masyarakat juga mendukung pembangunan di daerah yang dapat kita nikmati bersama,” demikian Husni. (bul)