Informasi Pejabat Kota Mataram yang Digeser Mulai Beredar

Sekda Kota Mataram, H. Effendi Eko Saswito (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Tim pansel belum menyerahkan hasil uji kompetensi. Meski demikian, informasi nama pejabat yang bakal digeser beredar di internal pejabat Pemkot Mataram.

Jabatan Asisten II sudah tak bisa diutak – atik lagi. Posisi ini bakal diisi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Ir. H. Mahmuddin Tura. Kepastian pergeseran Mahmuddin menjadi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan pernah disampaikan Walikota Mataram H. Ahyar Abduh pada saat menjamu tamu di Pendopo Walikota belum lama ini.

“Pak Wali panggil Pak Mahmuddin asisten. Dan, kembali ditegaskan Kadis PU cocok jadi asisten II,” kata seorang pejabat kota meniru apa yang disampaikan Walikota saat pertemuan.

Untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Mahmuddin. Ada dua kemungkinan apakah digeser atau dipansel. Jika dipansel lanjut pejabat ini, digadang – gadang Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR H. Irwan yang naik. Sebaliknya, jika hanya terjadi pergeseran maka Kadis Lingkungan Hidup Irwan Rahadi bakal mengisi jabatan strategis tersebut.

Baca juga:  Tersangka OTT Pungli Dilantik Jadi Pejabat di Kabupaten Bima

Sementara, Irwansyah yang juga Sekretaris LH dipromosikan menggantikan Irwan Rahadi yang merupakan juniornya di Institut Pemerintahan Dalam Negeri. “Kalau PU kemungkinan antara H. Irwan anaknya H. Iskandar (alm). Bisa jadi Irwan Rahadi ditaruh di sana,” cetusnya.

Jabatan eselon II lainnya digeser tambahnya, Kepala Badan Keuangan Daerah Drs. H.M.Syakirin. Syakirin akan bertukar posisi dengan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Baiq Nelly Kusumawati.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik H. Rudi Suryawan bakal digeser ke Dinas Tenaga Kerja. Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Drs. H. Khalid diparkirkan menjadi staf ahli.

Tidak hanya pejabat eselon III. Rotasi jabatan juga akan berdampak ke pejabat eselon III. Kabag Humas dan Protokol Lalu Mashun akan diganti oleh Camat Sekarbela Cahya Samudra. Mashun akan digeser menjadi Sekretaris Dinas Perdagangan.

Baca juga:  Setahun Pimpin Lotim, “Sukma” Masih Terkendala Pola Pikir Birokrat

Kabag Pemerintahan I Made Putu Sudarsana juga bakal digeser menjadi Sekretaris Dinas Perhubungan menggantikan Cukup Wibowo yang memilih berkarier di luar birokrasi.

Menanggapi informasi tersebut, Ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan yang juga Sekda Kota Mataram Ir. H. Effendi Eko Saaaswito menegaskan, tidak mengetahui informasi tersebut.

Sekda tidak mengambil bagian pada proses itu. Dia bekerja pada tugas dan fungsinya sebagai tim pansel. “Kalau saya ndak urus itu. Saya fokus kerjakan tugas,” ujarnya, Selasa, 9 Oktober 2018.

Selasa kemarin, tim pansel akan menggelar rapat pleno. Selanjutnya, akan diserahkan ke pejabat pembina kepegawaian. Untuk pengisian dan pergeseran jabatan kata Sekda, diserahkan ke Walikota. “Kalau itu tergantung Pak Wali,” ucapnya. (cem)