Anggaran Penerimaan CPNS akan Disesuaikan

Ilustrasi PNS/ASN (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Kota Mataram akan mulai membuka penerimaan CPNS. Menyusul telah adanya kuota yang ditetapkan oleh Pemerintah. Sebelumnya Pemkot Mataram telah menyiapkan Rp500 juta, namun anggaran itu akan disesuaikan kembali. Mengingat CPNS yang akan diterima sebanyak 262 saja. Jauh lebih sedikit dari target yang diusulkan oleh Pemkot.

“Itu kan anggaran yang kita persiapkan. Ternyata kuotanya kita dapat hanya segitu, ya anggarannya juga kita sesuaikan. Kemungkinan tidak semuanya kita pakai, tapi yang penting kan anggarannya sudah siap,” kata Sekda Kota Mataram Ir. H. Effendi Eko Saswito, Kamis, 13 September 2018.

Ia mengingatkan warga Kota Mataram untuk kembali mempersiapkan diri. Sebab jadwal pendaftaran CPNS secara nasional sudah semakin dekat. Pendaftaran akan dilakukan dengan metode daring. Sehingga berbagai berkas lainnya harus disiapkan pula dalam bentuk soft copy (salinan digital). Sehingga dapat diunggah pada portal pendaftaran yang akan dipersiapkan oleh Pemerintah.

Baca juga:  Pemkot Mataram Kembali Rekrut P3K

“Rincian CPNS yang akan diterima Kota Mataram yaitu kategori dua (K2) untuk guru sebanyak dua formasi, 130 formasi tenaga guru, 100 tenaga medis dan 30 tenaga teknis,” ujarnya.

Sebelumnya Pemkot Mataram mempersiapkan anggaran untuk perekrutan 800 CPNS yang diusulkan. Namun karena formasi yang diberikan jauh lebih sedikit, maka anggaran itu pun akan menyesuaikan. Menurutnya, anggaran yang sudah ada akan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Jatah formasi yang diperoleh ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan  dan Pelaksanaan CPNS. Para pelamar CPNS diminta untuk tidak  mudah percaya apabila ada oknum tertentu yang menawarkan untuk membantu memperlancar perekrutan CPNS. Sebab tes CPNS kali ini dilakukan secara daring dan hasilnya langsung bisa diketahui sesaat setelah selesai tes.

Baca juga:  Pusat Buka Lowongan 100 Ribu, Pemprov NTB Siapkan Pengajuan Formasi CPNS 2019

“Jadi jangan percaya kalau ada yang mengiming-imingi bisa bantu lolos CPNS. Tes CPNS ini dilakukan secara online dan hasilnya langsung diketahui di layar komputer sesaat setelah waktunya habis. Jadi harus persiapkan diri dengan baik, karena tidak ada celah untuk kecurangan semacam itu,” ujarnya. (lin)