Antisipasi Pohon Tumbang, Warga Minta Pohon Ditebang

Mataram (suarantb.com) – Beberapa hari terakhir angin kencang terus melanda sejumlah wilayah di NTB. Khusus di Kota Mataram, sedikitnya 12 pohon tumbang di sejumlah titik beberapa hari lalu.

Mengantisipasi tumbangnya pohon, warga Karang Bedil, Kelurahan Mataram Timur meminta pohon yang berada di dekat rumah mereka ditebang. Permintaan penebangan pohon disampaikan kepada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Mataram.

“Warga meminta untuk menebang pohon secepatnya,” ujar Lurah Mataram Timur, H. Mustaal kepada suarantb.com usai memantau proses penebangan pohon di Jalan Amir Hamzah, Kamis, 9 Februari 2017.

Pada 2016 lalu, warga juga pernah meminta dilakukan penebangan pohon. Karena dinilai tidak terlalu membahayakan, pohon urung ditebang.

Namun melihat kencangnya angin beberapa hari terakhir, warga mendesak agar pohon segera ditebang. Salah satunya pohon ketapang setinggi 30 meter.

Mustaal mengatakan warganya semakin was-was di tengah kondisi cuaca ekstrem belakangan ini. Warga takut pohon tumbang menimpa rumah mereka, merusak instalasi listrik dan jaringan telekomunikasi.

Selain itu, warga juga khawatir  jatuh korban jiwa jika pohon tak segera ditebang.  Warga masih dihebohkan dengan meninggalnya salah seorang warga yang tertimpa pohon di Seganteng beberapa hari lalu.

“Jangan sampai pohon tumbang, baru kita bergerak,” ujarnya.

Setelah berkoordinasi dengan pihak terkait, penebangan pohon dilakukan petugas dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Proses penebangan juga dibantu Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan warga sekitar. Saat proses penebangan, Jalan Amir Hamzah ditutup.

Proses penebangan dilakukan secara bertahap sehingga rantingnya tak menimpa rumah warga.

“Di sisi kiri kanan ada permukiman warga, kita potong ranting dan cabangnya dulu,” kata Mustaal
Sejauh ini, Mustaal mengaku di wilayahnya belum ada pohon yang tumbang. Hanya ranting dan cabang pohon patah diterpa angin.

  Nelayan Bintaro Tolak Direlokasi ke Rusunawa

“Alhamdulillah Mataram Timur masih aman dari pohon tumbang,” ujarnya. (anh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here