Situs Dukcapil Kota Mataram Dibajak ‘Bima Cyber Team’

Mataram (suarantb.com) – Situs resmi milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram  dibajak. Peretas yang berhasil membobol laman ini menyebut dirinya Bima Cyber Team.

Menurut pantauan suarantb.com, laman dukcapil.mataramkota.go.id ini saat berita ini diturunkan telah dihiasi logo dari tim peretas yang diduga berasal dari Bima ini.

Logo berupa gambar berkepala dua berlatar belakang warna merah dihiasi tulisan ‘Maja Labo Dahu – Dou Mbojo’ pada bagian atas dan ‘It’s less about technology for me’ di bagian bawah logo. Ditambahkan tulisan ‘Hacked by Bima Cyber Team’.

Berdasarkan kata-kata yang dimunculkan oleh peretas menunjukkan kekecewaan terhadap situs milik Pemkot Mataram ini.

“We just shut down the website of your stupid security and response to continued involvement in violation of internet freedom,” tulisnya.

Peretas juga melengkapi situs tersebut dengan lagu berbahasa Bima, berjudul ‘Kambali Mbojo Mantoi’.

Akun Instagram atas nama yogihabe mengkritik aksi peretas ini. “Website dukcapil.mataramkota.go.id dan website mataramkota.go.id dibajak. Untuk teman-teman sesama IT. Mohonlah pertimbangkan etika profesi kalian, kalau anda bijak, setidaknya gunakan ilmu kalian ke yang lebih bermanfaat untuk cari rejeki. Saya ada keperluan pembuatan akta lahir, jadi buat teman-teman mari kita jadi hacker yang baik, bukan cracker,” ungkapnya.

Situs mataramkota.go.id yang juga diretas, saat ini tidak bisa dikunjungi. Hanya tulisan ‘We’ll be back soon’ yang menyambut pengunjung situs ini. (ros)