Puluhan Pasukan Kuning Terjun Bersihkan Sampah Usai Pawai Ogoh-Ogoh

Mataram (suarantb.com) – Seakan menjadi suatu keharusan, kemeriahan dan keramaian sebuah acara bisa dilihat dari sampah yang tersebar di lokasi acara. Itu pula yang terlihat di sepanjang Jalan Pejanggik, lokasi perayaan acara Pawai Ogoh-Ogoh 2017 sore ini, Senin, 27 Maret 2017.

Tepat saat ogoh-ogoh terakhir bergerak meninggalkan lokasi acara di depan Mataram Mall, puluhan pasukan kuning dengan senjata sapu lidi berjibaku membersihkan sampah yang bertebaran. Pantuan suarantb.com, sampah ini didominasi sampah plastik yang digunakan sebagai bungkus makanan dari puluhan penjaja makanan dan minuman yang berjejer di sepanjang jalan itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, Irwan Rahadi yang turut terjun ke lapangan menyampaikan ada sekitar 50 petugas kebersihan yang turun membersihkan jalan utama ini. Untuk mengangkut sampah yang telah terkumpul, mantan Camat Selaparang ini menyebutkan pihaknya menyediakan dua truk yang bisa menampung sampah sebanyak 16 meter kubik dan satu mobil bak yang muatannya empat meter kubik.

“Kalau ini masih kurang, nanti kita tambah mobil lagi,” katanya.

Pembersihan yang dilakukan pasukan kuning ini menurut Irwan dilakukan mulai dari Jalan Pejanggik hingga garis finish Pawai Ogoh-Ogoh di Negara Sakah, Cakranegara Timur. Kegiatan ini dilakukan segera usai acara juga dipilih karena menurutnya semakin cepat dibersihkan semakin baik.

“Kalau dibersihkan sekarang lebih bagus, karena kalau menunggu sampai besok nanti sampahnya beterbangan. Karena jalannya kan dilalui kendaraan bermotor,” ungkapnya.

Salah seorang warga, Udin yang menyaksikan aksi petugas kebersihan memuji tindakan ini. Menurutnya, petugas kebersihan saat ini lebih gesit ketimbang yang terdahulu.

“Yang sekarang lebih gesit, cepat kerjanya dibanding yang dulu-dulu,” pujinya. Dalam kegiatan ini, Irwan juga mengucapkan terima kasih kepada sejumlah aparat kepolisian yang turut membantu mengumpulkan sampah dengan membawa kresek hitam. (ros)