Satu Peleton Pol PP Amankan Pawai Ogoh – ogoh

Mataram (Suara NTB) – Seperti tahun – tahun sebelumnya, Perayaan Hari Raya Nyepi dan tradisi pawai ogoh – ogoh di Kota Mataram akan dilakukan pengamanan ketat oleh aparat kepolisian dan Pol PP. Pawai ogoh – ogoh, Rabu, 29 Maret 2017 mendatang, aparat penegak perda ini nantinya akan menerjunkan satu personel.

Kasat Pol PP Kota Mataram, Chaerul Anwar mengatakan, rapat koordinasi dipimpin langsung oleh Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh dihadiri Bakesbangpol dan panitia penyelenggara. Disepakati bahwa pawai ogoh – ogoh dilaksanakan seperti tahun sebelumnya. Titik kumpul peserta di Perempatan Karang Jangkong dan finish di Taman Mayura.

“Hari Rabu itu kita rapat koordinasi. Titiknya sama dengan tahun lalu,” kata Chaerul, Jumat, 24 Maret 2017.

Saat pawai nantinya kata dia, seluruh personel Pol PP akan melakukan pengamanan. Totalnya sekitar satu peleton atau 30 personel. Chaerul menegaskan, pengamanan secara total menjadi tanggungjawab Polres Mataram.

Pihaknya hanya membantu dan lokasi pengamanan telah ditentukan oleh Polres Mataram.

“Kita pengamananya di depan panggung kehormatan dan perempatan Karang Jangkong,” sebutnya.

Demikian pula dengan pengamanan Hari Raya Nyepi. Pihaknya akan melakukan patroli rutin. Biasanya Pecalang juga turut mengamankan menjaga keamanan serta khusyu’an ibadah Umat Hindu.

Sedangkan personeil dari aparat kepolisian sejauh ini belum diketahui. “Informasinya belum saya terima. Yang rapat ke Polres itu Kasi Opdal saya,” terangnya.

Chaerul menambahkan, jumlah peserta pawai tahun ini diprediksi lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Saat rapat koordinasi panitia melaporkan bahwa peserta yang terlibat 168. Mereka berasal dari beberapa kelurahan yang tersebar di Kota Mataram.

Di satu sisi, dia mengingatkan agar peserta mengedepankan ketertiban dan menjaga kondusivitas. Demikian pula masyarakat yang beragama lain supaya menjaga toleransi serta menghargai kegiatan agama lain. (cem)