Senator Asal NTB Dukung Pengembangan Kota Tua Ampenan

Mataram (Suara NTB) – Anggota DPD RI daerah pemilihan (dapil) NTB, Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi mendukung pengembangan kota tua Ampenan. Bahkan ia pun akan membahas rencana pengembangan kota yang memiliki sejarah sebagai kota pelabuhan ternama itu dengan Menteri Pariwisata. Demikian disampaikan senator ini ketika bertemu Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana, Selasa (21/2/2017).

Ia menceritakan di 2016 lalu, ia juga telah berkoordinasi dengan Menteri Pariwisata. Saat itu Kementerian Pariwisata siap menggelontorkan anggaran untuk kota tua Ampenan. Namun pada menit-menit terakhir, anggaran tersebut dibatalkan.

“2017 kemarin sebelum (Festival) Nyale saya bertemu lagi dengan Menteri Pariwisata. Insya Allah dari 10 destinasi yang diutamakan di Jakarta anggarannya, termasuk Mandalika, saya tanyakan lagi tentang kota tua Ampenan,” ceritanya.

Baca juga:  NTB Bersiap Sukseskan APGN 2019

Agar mendapat dukungan dari pemerintah pusat, Diyah mengatakan kementerian harus terus didorong. Untuk itu ia meminta agar Pemkot Mataram segera mengutus Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) berangkat ke Jakarta dan ia siap memfasilitasi pertemuan dengan pihak Kemenpar terkait rencana ini.

“Karena harus didorong. Kemarin saya pikir kita yang akan kerjakan dan beberapa kali diskusi dengan Dirjen-Dirjen, katanya karena kota tua itu dihuni pribadi, maka akan dibuat menjadi seperti (pusat) kuliner sampai dengan tengah malam, itu konsepnya,” paparnya.

Diyah berjanji akan mengawal dukungan pusat untuk pengembangan kota tua Ampenan ini. Sebagai warga Kota Mataram, ia memiliki memori indah dengan Ampenan di masa lalu.

“Kota tua Ampenan insya Allah saya kawal betul karena dulu kecil-kecil ke sana bersama ibu naik dokar. Jadi saya surprise kalau Pak Wakil bilang (kota tua) itu tak boleh diubah, itu saya setuju sekali. Bagus sekali kota tua itu. Jadi kalau saya di (Kementerian) Pariwisata selalu bicara soal kota tua,” terangnya. Ia juga berharap tahun ini pemerintah pusat mengucurkan anggarannya untuk kota tua Ampenan.

Baca juga:  NTB Bersiap Sukseskan APGN 2019

Sementara itu, Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana berharap pengembangan kota tua ini mendapat dukungan dari pemerintah pusat. Ia pun berharap senator dari dapil NTB khususnya Baiq Diyah Ratu Ganefi memperjuangakan hal tersebut di pemerintah pusat sehingga kota tua Ampenan mendapat perhatian khususnya terkait anggaran pengembangan dan penataan. (ynt)