Kompleks Perkantoran Lingkar Selatan Kerap Tergenang

Mataram (Suara NTB) – Di musim hujan seperti sekarang ini, kompleks perkantoran Pemkot Mataram yang ada di kawasan lingkar selatan atau Jalan Dr. Soedjono, Sekarbela kerap tergenang. Berdasarkan pantauan Suara NTB belum lama ini, muncul genangan di depan gapura dan di beberapa titik lainnya. Warga maupun para pegawai yang melintas harus lebih berhati-hati, apalagi jalan yang harus dilalui masih berupa jalan tanah dan konturnya bergelombang.

Seorang juru parkir (jukir) di depan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram mengatakan tiap selesai hujan, jalan masuk ke kompleks perkantoran itu dipastikan tergenang. Kondisi ini dinilai sangat mengganggu warga maupun para pegawai yang berkepentingan masuk ke dalam kompleks perkantoran tersebut.

Seperti diketahui ada beberapa SKPD yang berkantor di kompleks tersebut. Selain Dinas Dukcapil, ada Dinas Kesehatan, BPBD, Dinas Perdagangan, Satpol PP, Baznas, Dinas Pemadam Kebakaran, serta Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM. Dikonfirmasi perihal ini, Sekda Kota Mataram, H. Effendi Eko Saswito mengatakan pihaknya akan segera menata jalan masuk ke kompleks perkantoran tersebut.

Baca juga:  Ratusan Miliar Dana Bencana Mengendap Jadi Catatan BPKP

“Sekarang sudah ada kita alokasikan anggaran itu untuk penataan infrastruktur di kompleks perkantoran itu. Mudahan itu bisa segera tertangani,” kata Eko, Jumat (10/2). Penataan kawasan itu akan melalui proses tender yang akan memakan waktu cukup lama. Namun demikian akan diupayakan segera terlaksana. “Itu butuh waktu. Tapi tahun ini,” ujarnya.

Di kompleks tersebut, akan dilakukan pembangunan kantor baru bagi beberapa SKPD yang belum memiliki kantor permanen. Proses pembangunan kantor ini akan dibarengi dengan penataan jalan masuk yang kerap tergenang tersebut. “Jadi nanti berjalan secara paralel termasuk penataan infrastruktur jalan itu,” jelasnya.

Baca juga:  Daerah Rawan Bencana, NTB Harus Punya Mitigasi Bencana yang Baik

Kantor yang akan dibangun hanya untuk dua SKPD yang rencananya diperuntukkan bagi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia). “Khusus Pemuda dan Olahraga masih kita pertimbangkan apakah tetap juga di situ karena kita sesuaikan dengan kondisi lahan, atau di tempat lain karena kebetulan kita punya lahan di SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) itu masih cukup luas,” ujarnya. Saat ini Dinas Dispora untuk sementara berkantor di SKB yang ada di Kelurahan Pagutan Timur. SKB ialah UPTD yang berada di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Mataram. (ynt)