Atasi Banjir, Pemkot Mataram Prioritaskan Perbaikan Saluran

Advertisement

Mataram (suarantb.com) – Dalam rangka mengatasi banjir, Pemkot Mataram memprioritaskan program perbaikan saluran di 2017 ini. Perbaikan saluran secara keseluruhan memerlukan anggaran besar dan merupakan upaya penanganan banjir dalam jangka panjang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram, H. Mahmuddin Tura.

Dibutuhkan anggaran besar karena sistem penanganan drainase tak lagi konvensional. Mahmuddin mengatakan pemerintah pusat melarang membangun konstruksi drainase secara konvensional dengan menggunakan batu kali. Pembangunan saluran harus menggunakan beton.

Ia tak menyebutkan secara rinci berapa anggaran yang dibutuhkan untuk penanganan drainase ini. Namun di 2017 ini, Pemkot Mataram mendapatkan bantuan DAK (Dana Alokasi Khusus) sebesar Rp 9 miliar untuk penanganan drainase.

Untuk saluran primer, penanganannya dilaksanakan Satker PPLP karena anggaran yang diperlukan juga besar. Sementara untuk saluran sekunder dan tersier akan ditangani langsung Dinas PUPR Kota Mataram.

Salah satu titik rawan banjir dan genangan yang akan diprioritaskan ialah wilayah selatan. Mahmuddin menyebutkan ada beberapa titik yang paling rawan yaitu Karang Bata Kelurahan Abian Tubuh Baru, Karang Buaya Kelurahan Pagutan Timur sampai Mapak Kelurahan Jempong Baru.

Wilayah ini sering terendam banjir maupun genangan bukan hanya karena saluran yang bermasalah, tetapi juga kontur tanah yang miring ke selatan. (anh)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.