Ribuan Warga akan Ikuti Pawai Kerukunan Umat Beragama

Mataram (suarantb.com) – Pawai kerukunan umat beragama akan digelar di Mataram pada Jumat, 6 Januari 2017 mendatang. Pawai ini akan melibatkan semua unsur umat beragama yang ada di Kota Mataram dan pesertanya diprediksi mencapai ribuan orang. Demikian kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, H. Burhanul Islam, Selasa, 3 Januari 2017.

Burhanul mengatakan para tokoh lintas agama sangat antusias dengan agenda ini. Ia pun memprediksi jumlah peserta yang akan mengikuti pawai ini sekitar 5 ribu sampai 10 ribu peserta. Selain unsur keagamaan dari Kota Mataram, peserta pawai juga berasal dari Lombok Barat dan Lombok Utara. Pawai ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan acara Hari Amal Bhakti Kementerian Agama.

“Kementerian Agama sebagai ujung tombak daripada pelaksanaan kerukunan umat beragama memiliki kewajiban untuk selalu dapat menjaga kerukunan umat beragama itu sendiri dan kita wujudkan dalam pawai kerukunan umat beragama,” jelasnya.

Burhanul mengatakan telah melakukan komunikasi terkait acara ini dengan para tokoh agama di Kota Mataram mulai dari tokoh agama Islam, Hindu, Buddha, Kristen, Katolik, dan Konghucu. Melalui pawai ini, pihaknya ingin menunjukkan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat yang berasal dari berbagai agama. Melalui kegiatan ini, pihaknya juga ingin menunjukkan bahwa kerukunan tetap terjalin di tengah perbedaan.

Rute pawai akan dimulai dari Pendopo Walikota Mataram di Jalan Pejanggik menuju ke arah timur dan melalui komunitas masyarakat Hindu yang ada di Pajang, kemudian belok ke Jalan Bung Karno menuju Jalan Catur Warga, dan berakhir di Taman Sangkareang. Perwakilan berbagai agama ini juga akan menampilkan kesenian yang menjadi ciri khas masing-masing agama.

“Dari umat-umat beragama ini akan mengeluarkan keseniannya seperti dari Konghucu sudah sanggup akan mengeluarkan barongsainya, dari Hindu nanti akan mengeluarkan bale ganjur, dan dari kita yang Muslim anak-anak madrasah kita akan mengeluarkan marawisnya,” sebutnya. (ynt)