“Assessment” Harus Jadi Pedoman Peningkatan Sumber Daya ASN

Mataram (suarantb.com) – Assessment pejabat  yang telah dilakukan beberapa waktu lalu oleh Pemkot Mataram tidak hanya sebagai acuan penempatan jabatan-jabatan struktural pemerintahan. Namun juga lebih penting untuk dijadikan pedoman peningkatan kualitas serta sumber daya ASN Kota Mataram. Dengan demikian, pelaksanaan assessment dapat menjawab kondisi dan permasalahan Kota Mataram secara maksimal. Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Kota Mataram, H. Didi Sumardi, Selasa, 25 Oktober 2016.

Didi mengatakan apa pun hasil yang didapatkan dari assessment tersebut, Pemkot Mataram penting menindaklanjutinya. Banyaknya pejabat yang dianggap memiliki kompetensi di bawah rata-rata, merupakan gambaran kondisi struktural Pemkot Mataram saat ini. Karenanya, Pemkot Mataram harus memikirkan bagaimana memperbaiki kondisi tersebut.

Baca juga:  Penjabat Sekda NTB Fokus Siapkan Peta Jalan Wujudkan NTB Gemilang

Dengan pemetaan kondisi struktural dari hasil assessment ini, Pemkot Mataram dapat memperbaharui kondisi tersebut. Pemetaan kekurangan di tiap SKPD, serta kemampuan kepemimpinan pejabat yang telah mengikuti assessment akan memberikan gambaran seberapa baik atau seberapa buruk kinerja SKPD.

Hasil assessment juga harus benar-benar dijadikan acuan penempatan pejabat sesuai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru. Kota Mataram membutuhkan struktur kepemimpinan yang kompeten dan beritegritas tinggi untuk menciptakan Kota Mataram yang lebih baik.

Baca juga:  Nama Pansel Sekda Belum Final

“Saya yakin itu akan diacu oleh Walikota dan Wakil Walikota Mataram dalam menentukan jabatan-jabatan struktural,” jelasnya kepada suarantb.com.

Dengan memperhatikan hal tersebut, organisasi pemerintahan Kota Mataram akan menuju ke arah yang lebih positif dan produktif. Serta dapat meningkatkan kinerja tiap SKPD. (rdi)