Masyarakat Diminta Tak Resah, Tak Ditemukan Permen Mengandung Narkoba

Mataram (suarantb.com) – Beredarnya permen jari yang diisukan mengandung bahan-bahan narkotika meresahkan para orang tua. Sebab diduga kandungan narkotika tersebut dapat menyebabkan efek kecanduan bagi anak-anak. Selain itu, masyarakat khawatir kandungan zat-zat berbahaya yang diduga terkandung dalam permen jari tersebut dapat menimbulkan dampak buruk lain bagi anak-anak.

Menanggapi hal tersebut, pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan pengujian terhadap permen yang diimpor PT Rizki Abadi Jaya Anugerah dengan nomor registrasi BPOM RI MI. 824409085492. Produk permen jari tersebut diimpor secara legal. Dan dinyatakan tidak memiliki kandungan zat-zat berbahaya, termasuk narkotika.

Baca juga:  Sabu Malaysia Masuk Sumbawa dalam Kaleng Biskuit

Terhadap hal ini, Asisten II Setda Kota Mataram, Wartan mengatakan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) yang telah melakukan pemerikasaan peredaran produk impor belum menemukan adanya produk-produk yang memiliki kandungan narkotika. Ia meminta masyarakat agar tidak lagi resah akan adanya isu permen narkotika tersebut.

Sementara ini, Kota Mataram dinyatakan bebas dari peredaran produk-produk narkotika bermodus permen dan sejenisnya. “Kita bersih dari itu. Tidak ada ditemukan permen mengandung narkotika,” ungkapnya, Jum’at, 21 Oktober 2016.

Baca juga:  Pasutri Dua Dasawarsa Kecanduan Sabu

Kendati dinyatakan bebas dari peredaran narkotika dan zat-zat berbahaya, Pemkot Mataram bekerja sama dengan BBPOM dan BNN tetap melakukan pemeriksaan lapangan untuk menghindari peredaran narkoba. Pemkot terus secara intensif melakukan pengawasan di pasar-pasar tradisional maupun modern.

“Pengawasan tetap kita lakukan secara intensif. Dan ketika turun ke lapangan kemarin, kita tidak temukan itu bahan-bahan berbahaya,” terangya. (rdi)